Evaluasi penerapan program manajemen berbasis sekolah pada sekolah dasar di propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
Unik Ambarwati, , Indonesia
Rahayu Condro Murti, , Indonesia
Supartinah Supartinah,
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi sejauh mana keterlaksanaan
implementasi program Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Sekolah Dasar (SD) di Daerah
Istimewa Yogyakarta (DIY). Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan siswa
SD di DIY. Penelitian ini adalah penelitian evaluasi (Evaluative Research). Pengumpulan
data menggunakan teknik angket, observasi, dokumentasi. Pendekatan evaluasi yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu evaluasi model Stake (Stake’s Countenance Model) yang
membandingkan antara proses pembelajaran yang terjadi dengan proses pembelajaran
yang seharusnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi program
Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Sekolah Dasar (SD) di Daerah Istimewa Yogyakarta
(DIY) berjalan dengan kategori cukup baik. Hal ini didasarkan pada penggunaan desain
evaluasi model Stake’s Countenance Model yang menekankan adanya pelaksanaan dua
hal pokok yakni deskripsi (description) dan pertimbangan keputusan (judgements). Dalam
proses implementasi, program MBS mencakup 3 pilar utama yaitu: 1) input (antecedent),
2) proses (transaction), 3) hasil (outcomes)
implementasi program Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Sekolah Dasar (SD) di Daerah
Istimewa Yogyakarta (DIY). Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan siswa
SD di DIY. Penelitian ini adalah penelitian evaluasi (Evaluative Research). Pengumpulan
data menggunakan teknik angket, observasi, dokumentasi. Pendekatan evaluasi yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu evaluasi model Stake (Stake’s Countenance Model) yang
membandingkan antara proses pembelajaran yang terjadi dengan proses pembelajaran
yang seharusnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi program
Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Sekolah Dasar (SD) di Daerah Istimewa Yogyakarta
(DIY) berjalan dengan kategori cukup baik. Hal ini didasarkan pada penggunaan desain
evaluasi model Stake’s Countenance Model yang menekankan adanya pelaksanaan dua
hal pokok yakni deskripsi (description) dan pertimbangan keputusan (judgements). Dalam
proses implementasi, program MBS mencakup 3 pilar utama yaitu: 1) input (antecedent),
2) proses (transaction), 3) hasil (outcomes)
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v8i1.4925
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Supervised by:
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan has been indexed by: