MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA ANAK TUNARUNGU SLB WIYATA DHARMA I SLEMAN

- Sarbani,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan manajemen pembelajaran Bahasa Indonesia anak tunarungu kelas VII SMPLB Wiyata Dharma I Sleman, dengan melihat aspek-aspek: 1) perencanaan pembelajaran, 2) proses pelaksanaan pembelajaran, dan 3) evaluasi hasil belajar. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru dan siswa kelas VII SMPLB Wiyata Dharma I Sleman. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Teknik analisis data penelitian ini adalah deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Manajemen perencanaan dilakukan dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang lengkap; 2) Proses pembelajaran dilakukan dengan tatap muka antara guru dengan siswa dengan metode komunikasi total (komtal); 3) Evaluasi hasil belajar tidak hanya menyangkut pencapaian materi hasil belajar siswa, akan tetapi proses pembelajaran

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v7i2.4915

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Supervised by:

Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan has been indexed by:

  

View My Stats