KOMPETENSI PEDAGOGIK DOSEN PGSD FIP UNY
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek pedagogik dosen pengajardi PGSD FIP UNY dan mendeskripsikan komponen-komponen pedagogik yang harusdibenahi oleh dosen pengajar di PGSD. Responden dosen seluruhnya sebanyak 34 orangdengan mahasiswa 100 orang. Data diperoleh melalui pengamatan di dalam dan di luarkelas, saat dosen merancang pembelajaran (hasil RPP yang telah disusun) dan melakukanpembelajaran di kelas. Metode yang digunakan adalah dokumentasi dan wawancara.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Potretpedagogik dosen PGSD FIP UNY berdasarkan aspeknya, yaitu aspek 1 sampai dengan8 termasuk dalam kategori baik, aspek 9 dalam kategori sangat baik. Aspek pedagogikyang harus diperbaiki khususnya untuk dosen yang dinilai kurang adalah aspek 1,2, 3, 4, 6,7 khususnya dalam hal kedisiplinan akademik, misal kehadiran & ketepatanwaktu, pengorganisasian & penyampaian materi yang kurang baik, pengelolaan kelas,penggunaan strategi & metode kurang variatif, referensi & sumber belajar yang mutakhir,pemberian tugas variatif & menantang, penilaian obyektif, disiplin dan tegas.Kata kunci: kompetensi, kompetensi pedagogik
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v6i2.4798
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Supervised by:
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan has been indexed by: