PENGELOLAAN KURIKULUM MUATAN LOKAL (KML) BAHASA INGGRIS SD NEGERI SE-KECAMATAN GONDOKUSUMAN YOGYAKARTA

Slamet Lestari,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan, kendala dan upaya mengatasi kendala dalam pengelolaan Bahasa Inggris di SD Negeri se-Kecamatan Gondokusuman. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah guru Bahasa Inggris di SD Negeri se-Kecamatan Gondokusuman yang berjumlah 13 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pengelolaan KML Bahasa Inggris di SD N Gondokusuman sudah berjalan dengan baik. Namun demikian, masih ada hal-hal yang perlu ditingkatkan, seperti mutu pendidik, ketercukupan fasilitas dan dana untuk meningkatkan mutu pembelajaran KML Bahasa Inggris. 2) Kendala dalam pengelolaan KML Bahasa Inggris di SD N Gondokusuman meliputi kendala yang terkait dengan siswa dan fasilitas. 3) Upaya mengatasi kendala tersebut adalah dengan cara, antara lain: membimbing dan menumbuhkan motivasi dengan menggunakan metode pembelajaran yang memotivasi dan disesuaikan dengan materi ajar, dan berusaha melengkapi fasilitas pendidikan.

 

Kata Kunci: manajemen, kurikulum muatan lokal

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v5i2.4754

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Supervised by:

Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan has been indexed by:

  

View My Stats