PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PRAKTEK PRODUKTIF DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Fajar Suryanto,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran praktek produktif di SMK Negeri I Kalijambe Sragen. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri I Kalijambe Sragen. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan studi kasus. Pada penelitian ini disimpulkan bahwa 1) pelaksanaan pembelajaran praktek produktif di SMK Negeri I Kalijambe Sragen program keahlian Tata Buasana dilaksanakan dari kelas X sampai XII menganut model Pendidikan Sistem Ganda (PSG) 2) kerja sama yang dilaksanakan dengan perusahaan berupa praktek kerja industri (Prakerin) dan perekrutan tenaga kerja; c) hasil praktek siswa berbentuk nilai dan produk barang/pakaian, penilaian dilakukan oleh guru selama proses kegiatan dan melihat hasil praktek siswa. Hasil tamatan dua tahun terakhir sebanyak 33 siswa dan 94% sudah bekerja dan melanjutkan sekolah.

 

Kata Kunci: pembelajaran praktek


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v5i2.4746

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Supervised by:

Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan has been indexed by:

  

View My Stats