Analisis kebutuhan untuk pembelajaran bahasa Inggris bisnis pada mahasiswa akuntansi

Sri Suningsih, Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Lampung, Indonesia
Lidya Ayuni Putri, Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Lampung, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis kebutuhan bahasa Inggris pada mahasiswa Akuntansi di perguruan tinggi, dan mengetahui kesesuaian pembelajaran Bahasa Inggris Bisnis di Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan kebutuhan mahasiswa baik kebutuhan Bahasa Inggris untuk keperluan akademik (English for Academic Purposes (EAP) maupun Bahasa Inggris untuk keperluan bekerja/ English for Work Purposes (English for Occupational Purposes / EOP). Penelitian ini menggunakan sampel primer berupa buku teks dan RPS Bahasa Inggris for Business.Selain itu, sampel sekunder yang digunakan adalah angket dan wawancara dengan siswa, alumni, dan pengajar Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dianalisis menggunakan konsep analisis kebutuhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam dunia kerja bidang akuntansi keterampilan yang paling dominan dibutuhkan adalah keterampilan membaca, Kemudian materi ajar bahasa inggris yang diajarkan pada mahasiswa Akuntansi kurang berkorelasi dengan kebutuhan akademik dan dunia kerja. Hasil analisis kebutuhan pada penelitian ini selanjutnya akan digunakan sebagai bahan/acuan untuk pengembangan bahan ajar dan pengajaran bahasa Inggris Bisnis sehingga target pengajaran dapat terlaksana lebih tepat sasaran.

Need analysis for business English learning for accounting students

This study aims to analyze the English language needs of accounting students at universities and determine the suitability of learning Business English in the Accounting Department, Faculty of Economics and Business with the needs of students in both English for Academic Purposes (EAP) and English for academic purposes. English for Work Purposes (English for Occupational Purposes / EOP). This study used primary samples in the form of textbooks and English lesson plans for Business. In addition, secondary samples used were questionnaires and interviews with students, alumni, and language teachers. English. This study uses a qualitative descriptive method. The data is analyzed using the concept of needs analysis. The results showed that in the world of work in the accounting field the most dominant skill needed was reading skills. Then the English teaching materials taught to accounting students were less correlated with academic needs and the world of work. The results of the needs analysis in this study will then be used as material/reference for the development of teaching and teaching materials for Business English so that teaching targets can be carried out more precisely.


Keywords


bahasa Inggris untuk keperluan akademik; bahasa Inggris untuk keperluan bekerja; analisis kebutuhan; bahasa Inggris bisnis

Full Text:

PDF

References


Alhaq, I. F., & Wirza, Y. (2022). An investigation of needs analysis and the English textbook used for accounting major students. International Journal of Education, 14(2), 95–105. Https://doi.org/10.17509/Ije.V14i2.43880

Arianti, A. (2017). Analisis kebutuhan bahasa Inggris pada mahasiswa non bahasa Inggris. September, 50–52. Prosiding Seminar Nasional Publikasi Hasil-hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat “Implementasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Untuk Peningkatan Kekayaan Intelektual” Universitas Muhammadiyah Semarang, 30 September 2017

Goulart, L., Paula, A., Vial, S., & Sarmento, S. (N.D.). Developing English for academic purposes (Eap) teaching materials: A needs analysis of novice teachers. Horizontes de Linguística Aplicada, ano 16, n. 1, 2017.

Graves. (2000). Designing language courses: A guide for teachers. Heinle & Heinle

Hermawati, A. (2015). Analisis kebutuhan (need analysis) untuk pembelajaran bahasa Inggris khusus (Esp) pada kelas manajemen agroindustri politeknik negeri Jember. Jurnal Ilmiah Inovasi, 15(2). https://doi.org/10.25047/jii.v15i2.45

Kalamees-Ruubel, K. (2019). The Taba-Tyler rationales. Journal of the American Association for the Advancement of Curriculum Studies, 9.

Mutmainna, I. (2013). Revision English course syllabus based on students’ language need and learning need of hotel accommodation department at smkn 8 Makassar. http://eprints.unm.ac.id/7021

Ratmanida. (2012). Keselarasan antara kebutuhan bahasa Inggris dengan materi ajar bahasa Inggris mahasiswa jurusan akutansi. Lingua Didaktika, 6(1), 2012. DOI: doi.org/10.24036/ld.v6i1.7401

Salija, K. (2019). Needs analysis of English materials for accounting study program. http://eprints.unm.ac.id/13248/1/Jurnal%20Thesis-1.pdf

Shetty, B. R. (2018). Gap analysis of students’ experience and expectations with special reference to mba education in India. Pupil: International Journal of Teaching, Education and Learning, 2(2), 35–50. Https://doi.org/10.20319/Pijtel.2018.22.3550

Thiruvengadam, P. (2015). Importance of needs analysis in elt curriculum. International Journal of Advanced Multidisciplinary Research, 2(10), p. 98–100. SOI: http://s-o-i.org/1.15/ijarm-2-10-21

Tohani, E. (2021). Peningkatan kompetensi pengembangan program pendidikan nonformal mahasiswa melalui pembelajaran berbasis projek. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 69–81. Https://doi.org/10.21831/Jpipfip.V14i1.37569

Ulum, Ö. G. (2015). A needs analysis study for preparatory. European Journal of English Language Teaching, 1(1). DOI: 10.5281/zenodo.51774

Wardhani, H. N., Setyowati, N. I., Tsalitsa, A., & Nurrahayu, S. (2021). Strategi meningkatkan kompetensi 4c competencies (critical thinking, creativity, communication & collaborative). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), p. 41-52




DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v15i1.37886

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Supervised by:

Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan has been indexed by:

  

View My Stats