HUBUNGAN MOTIVASI KERJA, KEMAMPUAN KOMUNIKASI, DAN MANAJEMEN GURU DENGAN KINERJA GURU SD MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kinerja guru dengan motivasi,
kemampuan komunikasi dan manajemen. Penelitian ini menggunakan metode korelasional
kuantitatif. Populasinya 253 guru anggota melibatkan sampel 156 responden. Penentuan
sampel berdasar teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berbentuk angket.
Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, korelasi product moment dan analisis
regresi. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa motivasi kerja dalam kategori cukup
baik (64%), kemampuan komunikasi guru kategori baik (80,31%), manajemen guru kategori
baik (77,43%), dan kinerja guru kategori baik (75,18%). Hasil regresi menunjukkan motivasi
kerja, kemampuan komunikasi guru, manajemen guru mempunyai hubungan yang positif dan
signifikan dengan kinerja guru.
Kata kunci: motivasi kerja, kemampuan komunikasi guru, manajemen guru, kinerja guru
kemampuan komunikasi dan manajemen. Penelitian ini menggunakan metode korelasional
kuantitatif. Populasinya 253 guru anggota melibatkan sampel 156 responden. Penentuan
sampel berdasar teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berbentuk angket.
Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, korelasi product moment dan analisis
regresi. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa motivasi kerja dalam kategori cukup
baik (64%), kemampuan komunikasi guru kategori baik (80,31%), manajemen guru kategori
baik (77,43%), dan kinerja guru kategori baik (75,18%). Hasil regresi menunjukkan motivasi
kerja, kemampuan komunikasi guru, manajemen guru mempunyai hubungan yang positif dan
signifikan dengan kinerja guru.
Kata kunci: motivasi kerja, kemampuan komunikasi guru, manajemen guru, kinerja guru
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v7i1.3113
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Supervised by:
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan has been indexed by: