Pengembangan media tes berbasis online pada Mata Pelajaran Fisika untuk sekolah menengah atas
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan media tes berbasis online yang telah dikembangkan dengan model pengembangan 4-D serta mengetahui kualitas tes berbasis online yang telah dikembangkan dengan pengembangan instrumen menggunakan analisis iteman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Sampel uji coba terbatas adalah peserta didik di Sekolah Madania Makassar sebanyak 10 orang dan peserta didik kelas XI IPA 5 di SMAN 4 Makassar sebanyak 35 orang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa respon peserta didik dan guru terhadap pelaksanaan media tes berbasis online berada di kategori baik dan sangat baik sedangkan respon guru terhadap pelaksanaan media tes berbasis online berada di kategori sangat baik. Instrumen tes berbasis online yang dianalisis dengan iteman menghasilkan 20 butir soal yang dinyatakan valid dari 38 butir soal.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alabi, A. (2012). The Use of Computer Based Testing Method for the Conduct of Examinations at the University of Ilorin. International Journal of Learning & Development, 2(1), 69. doi: 10.5296/ijld.v2i3.1775
Ali, S. & Khaeruddin. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Arachchi, S. M., Dias, K., & Madanayake, R.S. (2014). A Comparison Between Evaluation of Computer Based Testing and Paper Based Testing for Subjects in Computer Programming. International Journal of Software Engineering & Applications (IJSEA), 5(1), 57-72. doi: 10.5121/ijsea.2014.5105
Arikunto, Suharsimi. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers.
Bellotti, F., Kapralos, B., Lee, K., Ger, P.M., & Berta, R. (2013). Assessment in and of Serious Games: An Overview. Journal of Gale Economic Education Humanities Social-Science, doi: 10.1155/2013/136864
Djaali & Muljono, P. (2008). Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Grasindo.
Gogri, M.H., S.A., & Iyengar, V.V. (2013). Evaluation of Students Performance based on Formative Assessment using Data Mining. International Journal of Computer Applications, 67(2): 18-22.
Hamalik, Oemar. (1980). Media Pendidikan. Bandung: Offset Alumni.
Haryati, Mimin. (2007). Model dan Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.
Hatziapostolou, T & Paraskakis, I. (2010). Enhancing the Impact of Formative Feedback on Student Learning Through an Online Feedback System. Electronic Journal of e-Learning, 8(2): 111-122.
Kusairi, S. (2012). Analisis Asesmen Formatif Fisika SMA Berbantuan Komputer. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 16(-): 68-87.
Jihad, A. & Haris, A. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.
Majid, Abdul. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mansyur., Rasyid., & Suratno. (2015). Asesmen Pembelajaran di Sekolah Panduan bagi Guru dan Calon Guru. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mundilarto. (2002). Kapita Selekta Pendidikan Fisika. Yogyakarta: FMIPA UNY.
Nasution, S. (2003). Metode Research. Jakarta: Bumi Aksara.
Novitasari, E., Susantini, E., & Suparno, G. (2013) Pengembangan Tes Formatif Berbasis Website Sebagai Evaluasi Hasil Belajar pada Materi Jamur Kelas X SMA. Bioedu (E-journal), 2(1), 113-118.
Oetomo, Budi Sutedjo Dharma. (2003). Konsep & Perancangan Jaringan Komputer. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 69 (2013).
Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarja: Pustaka Belajar.
Puspendik. (2015). Buku Manual UN CBT. Jakarta: Kemdikbud.
Riduwan. (2011). Dasar-dasar Statistik. Bandung: Alfabeta.
Sanni, A. A., & Mohammad, M.F. (2015). Computer Based Testing (CBT): An Assessment of Student Perception of JAMB UTME in Nigeria. Computing, Information Systems, Development Informatics & Allied Research Journal, 6(2), 13-28.
Sudar, Yulianto, A., & Wiyanto. (2014). Pengembangan Uji Kompetensi Mandiri Berbasis Komputer untuk Meningkatkan Efikasi Diri Siswa, Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 10(1), 9-14.
Sudjana, Nana. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suprihatiningrum, Jamil. (2013). Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Suratno, J. (2012). Pengembangan Sumber Belajar Interaktif Berbasis Komputer dengan Macromedia Flash CS 4. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 58-71.
Susetyo, B. (2015). Prosedur Penyusunan dan Analisis Tes. Bandung: PT Refika Aditama.
Sutarman. (2003). Membangun Aplikasi Web dengan PHP dan MySQL. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teacher of Exeptional Children: A Sourcebook. [Versi Elektronik]. Bloomington: Indiana University.
Uno, H. B. & Satria Koni. (2012). Assesmen Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v13i1.30167
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Supervised by:
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan has been indexed by: