Pengimplementasian e-modul etnokonstruktivisme terhadap motivasi belajar peserta didik Kelas V sekolah dasar

Eka Feri Kurniawati, Jambi University, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk bahan ajar berupa modul pembelajaran. Modul pembelajaran dibuat dalam bentuk eletronik modul atau e-modul dengan dengan berbasis etnokonstruktivisme. Penelitian  ini megadopsi model dari Branch yaitu ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri No.80/I Muara Bulian yang berjumlah 28 orang. Hasil dari penelitian ini digunakan untuk melihat kelayakan dan motivasi peserta didik terhadap e-modul yang dikembangkan dan untuk mengetahui  motivasi  peserta didik. Hasil data yang diperoleh menunjukkan dari 28 responden yang mengisi angket motivasi menunjukkan bahwa frekuensi terbesar sebanyak 19 dengan presentase 67.8% termasuk ke dalam kategori Baik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa e-modul berbasis etnokonstruktivisme layak untuk dikembangkan dan digunakan sebagai tambahan bahan ajar guna mendukung kegiatan pembelajaran untuk membantu menumbuhkan motivasi belajar peserta didik.


Keywords


E-Modul; Etnokonstruktivisme; Motivasi; Peserta didik; Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Anjani, K. D., Geografi, P., & Malang, P. N. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Turnamen dan Games Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(9), 1787–1790.

Asrial., Syahrial., Kurniawan, D.A., Subandyo, M., & Amalina, A. (2019). Exploring obstacles in language learning among prospective primary school teacher . International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE). 8(2). pp. 249~254.DOI:10.11591/ijere.v8i2.16700

Astalini., Kurniawan, D.A., & Putri, A.Q., (2018). Identifikasi Sikap Implikasi Sosial Dari Ipa, Ketertarikan Menambah Waktu Belajar Ipa, Dan Ketertarikan Berkarir Dibidang Ipa Siswa Smp Sekabupaten Muaro Jambi. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan . Vol. 7 No. 2. (93-108).

Astalini., Kurniawan, D.A., & Sumaryanti. (2018). Sikap Siswa Terhadap Pelajaran Fisika Di Sman Kabupaten Batanghari. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika. Volume 3 Number 2. Page 59-64.

Astalini., Kurniawan, D.A., Perdana, R., & Kurniawan, W. (2019). Identification Attitudes of Learners on Physics Subjects. Journal of Educational Science and Technology. 5(1). DOI:https://doi.org/10.26858/est.v5i1.8231

Astalini., Kurniawan, D.A., Sulistyo, U., Perdana, R., & Susbiyanto. (2019). E-Assessment Motivation in Physics Subjects for Senior High School. iJOE . Vol. 15, No. 11. https://doi.org/10.3991/ijoe.v15i11.10843

Branch, R., M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Department of Educational Psychology and Instructional Technology: University of Georgia

Darmaji., Kurniawan, D.A., Astalini., Kurniawan, W., Anwar, K., & Lumbantoruan, A. (2019). Students’ perceptions of electronic’s module in physics practicum. Journal of Education and Learning (EduLearn). Vol. 13, No. 2, pp. 288~294.

Darmaji., Kurniawan, D.A., & Suryani, A. (2018). Effectiveness of Basic Physics II Practicum Guidelines Based On Science Process Skills. JIPF (JURNAL ILMU PENDIDIKAN FISIKA. 4(1). DOI:10.26737/jipf.v4i1.693

Darmaji., Kurniawan, D.A., Surnyani, A., & Lestari, A. (2018). An Identification Of Physics Pre-Service Teachers' Science Process. Skills Through Science Process Skills-Based Practicum Guidebook. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi 07 (2) (2018) 239-245. DOI:10.24042/jipfalbiruni.v7i2.2690

Majid, Abdul. 2016. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset

Manasia, L. (2015). Enjoyment of Learning in Upper Secondary Education. An Exploratory Research. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 180(November 2014), 639–646. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.02.17

Muhaimin., Habibi, A., Mukminin, A. Pratama, R., Asrial., & Harja, H. (2019). Predicting Factors Affecting Intention to Use Web 2.0 In Learning: Evidence From Science Education. Journal of Baltic Science Education. Vol. 18, No. 4, http://dx.doi.org/10.33225/jbse/19.18.595

Nasution, R. (2017). Teknik Pengambilan Sampling. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara. 1, 1-17

Nurkhalisa, S., Fari, F., & Ummayah, D. (2017). Etse-Module " The Benefits of Acidic Bases in Life " Ethnoscience Based Demak Society in the Utilisation of Lime. 6(7), 1396–1400. https://doi.org/10.21275/ART20175389

Pajr, N., Hidayat, M., & Kurniawan, D.A. (2017). Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Rangkaian Listrik Untuk Siswa SMP Kelas IX. Universitas Jambi.

Raihan, S., Haryono., & Ahmadi, F. (2018). Development of Scientific Learning E-Book Using 3D Pageflip Professional. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology. 7 (1). https://doi.org/10.15294/ijcet.v7i1.24793

Sugiyono. (2015). Penelitian Kuantitatif , Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta

Syah, Muhibbin. 2014. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Roadakarya Offset




DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v13i1.26589

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Supervised by:

Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan has been indexed by:

  

View My Stats