Analisis kemampuan berfikir kreatif pembelajaran Fisika di kelas XI MIA 3 SMA Negeri 11 Kota Jambi
Abstract
Kemampuan berpikir kreatif merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh peserta didik, karena kemampuan ini sangat penting untuk menunjang proses pembelajaran terkhusus dalam pembelajaran fisika. Kemudian dilakukan suatu survei yaitu pada kelas XI MIA 3 SMA Negeri 11 Kota Jambi untuk melihat dan mengetahui bagaimana kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah-masalah dalam pembelajaran fisika. Survei dilakukan dengan menggunakan metode cross-sectional yaitu survei yang dilakukan satu kali dan pada satu waktu. Pengumpulan data melalui observasi dan angket dan data yang diperoleh berupa data kuantitatif kemudian dianalisis secara dekriptif. Hasil menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran Fisika dibagi menjadi tiga kategori yaitu tinggi, sedang dan rendah. Kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI MIA 3 SMA Negeri 11 Kota Jambi yang dominan adalah dalam kategori sedang. Persentase karakteristik kemampuan berpikir kreatif yang tertinggi yaitu evaluatif dan yang terendah yaitu originality dan luwes.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v10i2.17906
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 JURNAL PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN
Supervised by:
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan has been indexed by: