Model pengembangan aktivitas ritmik senam kreasi happy random pada siswa kelas IV di SD Negeri Kalibanteng Kidul Kota Semarang
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti yaitu untuk menghasilkan model pengembangan senam kreasi Happy Random di SD Negeri Kalibanteng Kidul. Metode penelitian ini adalah pengembangan dari Borg & Gall. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner yang diperoleh dari satu ahli penjas dan lima ahli pembelajaran, serta perolehan data kuisioner dan pengamatan yang didapat dari uji coba I (42 siswa) dan uji coba II (149 siswa). Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase untuk mengungkap aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa setelah uji coba produk. Hasil penelitian produk pengembangan berupa senam dengan nama kreasi Happy Random yang dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran aktivitas ritmik. Berdasarkan hasil kuisioner uji coba I diperoleh 75% untuk aspek kognitif, sedang dari hasil pengamatan uji coba I diperoleh 78% untuk aspek afektif dan 77% untuk aspek psikomotorik. Sehingga diperoleh rata-rata prosentase uji coba I yaitu 77%. Hasil kuisioner uji coba II diperoleh 90,3% untuk aspek kognitif, sedang dari hasil pengamatan uji coba II diperoleh 87,2% untuk aspek afektif dan 87,0% untuk aspek psikomotorik. Sehingga diperoleh rata-rata prosentase uji coba II yaitu 88,2%. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa model senam kreasi Happy Random dapat diterapkan pada pembelajaran PJOK, khususnya pada pembelajaran aktivitas rimtik di SD Negeri Kalibanteng Kidul.
Model pengembangan aktivitas ritmik senam kreasi happy random pada siswa kelas IV di SD Negeri Kalibanteng Kidul Kota Semarang
The goal that wants to be achieved by the writer through this research is to produce a development model of happy random creation gymnastics activities at SD Negeri Kalibanteng Kidul. The method used in this research is the development from Borg & Gall. The data collection was carried out through the use of questionnaire from a physical education expert and five learning experts, as well as questionnaire data collection and observations obtained from trial I (42 students) and trial II (149 students). The data analysis technique used is descriptive percentage to reveal students’ cognitive, affective, and psychomotor aspects after the product trial. The result of this research is a development product in the form of gymnastics namely Happy Random which can be used as an alternative for rhythmic learning activity. Based on the questionnaire result of Trial I, cognitive aspect obtained 75%, while the observation result of first trial obtained 78% for the affective aspect and 77% for the psychomotor aspect. Therefore, the average percentage of trial I is 77%. The questionnaire result of trial II showed that cognitive aspect obtained 90.3%, while the observation result of second trial obtained 87.2% for the affective aspect and 87.0% for the psychomotor aspect. Therefore, the average percentage of trial II is 88.2%. From the result of this research, it can be concluded that Happy Random Creation Gymnastics model can be applied to physical and sport education learning, especially in teaching rhythmic learning activity at SD Negeri Kalibanteng Kidul.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali Maksum. 2008. Psikologi Olahraga Teori
dan Aplikasi. Surabaya: Unesa.Uneversity Press
Ega Trisna R. 2013. Strategi Pembelajaran
Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta
Erni Paslandika. 2005.”Upaya Meningkatkan Kecerdasan Kinestik Melalui Senam Irama Pada Anak Kelompok B TK Patisah Panjang Kecamatan Laweyan Kota Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015”. Artikel Publikasi Skripsi.Universitas Muhamadiyah Surakarta (UMS). Surakarta
--------. 2010. Aktivitas Ritmik Dalam Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia (Nomor 1 tahun 2010). UNY
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.67 Tahun 2013 tentang Kerangkas Dasar dan Struktur Kurikulum SD/MI. :http://direktori.madrasah.kemenag.go.id/media/files/Permendikbud67TH2013.pdf
Ma’mun, Amung. dan Saputra, M. Yudha. 2000. Perkembangan Gerak dan Belajar gerak. Jakarta: Depdikbud
Mubarizi, M. 2016. Model pengembanggan Model Senam Healthy Dance Dalam Aktivitas Ritmik Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Di Kecamtan Tirto Kabupaten Pekalongan Tahun 2016. Skripsi
Republik Indonesia. 2005. Undang-Undang No.3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional. Sekertariat Kabinet RI. Jakarta
Rusli Lutan. 2003. Menuju Sehat Bugar. Jakarta. Direktorat Jenderal Olahraga, Depdiknas
Rustiadi Tri. 2013. Praktek Laboratorium Olahraga. Semarang: Buku Ajar Universitas Negeri Semarang
Samsudin. 2008. Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMP/MTS. Jakarta: Lentera
Soetoto Pontjopoetro,dkk. 2008. Permainan Anak Tradisional dan Aktivitas Ritmik. Jakarta: Universitas Terbuka
Sugiyanto. 2003. Perkembangan Dan Belajar Motorik. Jakarta: Universitas Terbuka
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
---------. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Suharsini Arikunto. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT.Rineka Cipta
Agus Mahendra. 2005. Permainan Anak Dan Aktivitas Ritmik. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka http://file.upi.edu/Direktori/FPOK/JUR._PEND._OLAHRAGA/19630824199031AGUS_MAHENDRA/Modul_Permainan_AnakAktivitas_Ritmik5_Agus_Mahendra/Modul_1_Permainan_dan_Aktivitas_Ritmik.pdf (diunduh pada tanggal 17-06-2016)
F. Suharjana. “Peran Olahraga Dalam Pembentukan Karakter". Proceeding Seminar Olahraga ke-II. Yogyakarta: Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga, 8 November 2008 http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/131411081/6.%20SENAM%20DAA M%20PENDIDIKAN%20JASMANI%20MERUPAKAN%20SARANA%20N TUK%20PEMBENTUKAN%20KETANGKASAN%20DAN%20MEMTAL%0ANAK%20SEKOLAH%20DASAR.pdf (diunduh pada tanggal 7 Juli 2016 pukul 23.07 WIB)
Gilang Nuari Panggraita. 2014. Pengmbangan Aktivitas Ritmik Dengan Model Senam Kreasi Untuk Pembeljaran Penjasorkes Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Evaluasi Pendidikan. Unnes: 582-588 http://conf.unnes.ac.id/index.php/snep/II/paper/view/235/129 (akses 10-4-2016)
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Dasar dan Aktifitas Jasmani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Dasar dan Aktifitas Jasmani is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpdaj