The knowledge level teacher of physical education to adaptive physical education at Inklus Elementary Schools in Jetis Subdistrict Yogyakarta Regency
Pasca Tri Kaloka, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Tingkat pengetahuan guru pendidikan jasmani terhadap penjas adaptif di Sekolah Dasar Negeri Inklusi Se-Kecamatan Jetis Kota Yogyakarta
Penelitian skripsi ini memiliki tujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan guru pendidikan jasmani terhadap penjas adaptif di sekolah dasar negeri inklusi se- kecamatan jetis kota yogyakarta. Penelitian skripsi ini menggunakan desain penelitian dengan deskriptif kuantitatif dengan memakai metode survey dan teknik dalam pengumpulan data menggunakan kuesioner(angket), Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah beberapa guru pendidikan jasmani yang berada di sekolah dasar negeri inklusi di kecamatan jetis kota yogyakarta yang berjumlah 5 guru pendidikan jasmani. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berbentuk beberapa soal dan memiliki alternatif jawaban benar salah, sedangkan untuk perhitungan data akhir menggunakan bantuan program Microsoft excel dan SPSS 25.0 dengan data presentase. Hasil penelitian skripsi ini menunjukkan bahwa diketahui tingkat pengetahuan guru pendidikan jasmani terhadap penjas adaptif di Sekolah Dasar Negeri Inklusi se- Kecamatan Jetis Kota Yogyakarta yang masuk pada kategori sangat tinggi sebesar 0 % (0 orang), pada kategori tinggi sebesar 40 % (2 orang), pada kategori cukup sebesar 20 % (1 orang), kategori kurang sebesar 40% (2 orang) dan kategori sangat kurang sebesar 0 % (0 guru).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ade, I & Iwang. (2010). Sekarang Aku Bisa: Panduan Pembelajaran Materi Pengurangan Risiko Bencana untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Dinas DIKPORA DIY.
Astuti, I. (2011). Kepemimpinan Pembelajaran Sekolah Inklusi. Malang: Bayumedia Publishing.
Aziz. (2015). Pendidikan Seks Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Gava Media.
Budiman & Riyanto, A. (2014). Kapita Selekta Kuesioner Pengetahuan dan Sikap Dalam Penelitian Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika.
Dinas Pendidikan. (2019). Keputusan kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Nomor 188/1432, Tahun 2019, tentang Penetapan Sekolah Penyelenggar Pendidikan Inklusi (SPPI) Kota Yogyakarta
Husaini. (2011). Manajemen. Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Jalaluddin. (2013). Filsafat Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Kemis dan Rosnawati, A. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita. Bandung: Luxima.
Komarudin. (2015). Peran guru pendidikan jasmani dalam sistem pembangunan dan pembinaan olahraga di indonesia. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, Volume 11, Nomor 1, 38.
Lorin W A & David R. (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Mahfud, C. (2016). Pendidikan Multikultural.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mangunsong, F. (2014). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Jilid Kesatu. Depok: LPSP3 UI.
------------------------. (2011). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan KhususJilid Kedua. Depok: LPSP3 UI.
Meimulyani, Y & Tiswara, A. (2013). Pendidikan Jasmani Adaptif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus.Jakarta: Luxima.
Purwanto, N. (2013). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rubsiyah. (2010). Tingkat Kesulitan Belajar Senam Lantai Roll Belakang Siswa Kelas Atas SDN Purwosari Purwodadi Purworejo. Skripsi: UNY.
Samsudin. (2010). Kurikulum Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (Modul). Jakarta: Pendidikan Olahraga Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.
Sumantri, S. (2015). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung. PT Refika Aditama.
Sugihartono, dkk. (2012). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Suhartini, B. (2011). Merangsang motorik kasar anak tuna rungu kelas dasar sekolah luar biasa melalui permainan. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, Volume 8, Nomor 2, 153.
Supriatna, E. & Wahyupurnomo, MA. (2015). Keterampilan guru dalam membuka dan menutup pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMAN se-kota pontianak. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, Volume 11, Nomor 1, 66 – 67.
Susworo, A. (2010). Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Kompetisi. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. 7(2): 41-49.
Sari, Y. (2017).Tingkat Pengetahuan Guru Pendidikan Jasmani Tentang Penjas Adaptif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo Tahun 2016/2017.Skripsi. Yogyakarta: UNY.
Sugihartono, dkk. (2013).Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung: Alfabeta
Sudijono, A. (2012). Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers. Widyoko, Eko Putro. (2017). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wiratsongko, B. (2016). Penyesuaian Diri Anak Berkebutuhan Khusus di SDN Inklusi Pulutan Wetan II. Skripsi. Yogyakarta: UNY
Yaumi, M. (2013). Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Dasar dan Aktifitas Jasmani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Dasar dan Aktifitas Jasmani is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpdaj