PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KREATIF-KRITIS DALAM MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN BISNIS PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FISE-UNY
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v8i1.946Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang dua hal pokok, yaitu: (1)respon mahasiswa terhadap model pembelajaran kreatif-kritis, dan (2) peningkatanprestasi belajar yang diperoleh mahasiswa dengan menggunakan model pembelajarankreatif-kritisSubjek penelitian ini adalah seorang dosen pengampu mata kuliah MetodologiPenelitian Bisnis, seorang dosen sebagai observer, dan seluruh mahasiswa yangmengambil mata kuliah Metodologi Penelitian Binis pada Program Studi PendidikanAkuntansi FISE UNY. Mahasiswa peserta mata kuliah MPB ini terdiri dari duakelompok, yaitu mahasiswa program reguler dan program nonreguler semester genap2007/2008 yang berjumlah 86 mahasiswa (Reguler = 41 orang dan Nonreguler = 45).Hasil penelitian memberikan kesimpulan sebagai berikut: (1) respon mahasiswaterhadap pembelajaran kreatif-kritis cenderung meningkat, hal ini dibuktikan denganbanyaknya komentar positif dalam angket yang diedarkan pada mahasiswa pesertakuliah Metodologi Penelitian Bisnis Prodi Pendidikan Akuntansi FISE UNY 2007 /2008. Mahasiswa lebih giat dan bersemangat dalam belajar yang ditunjukkan denganadanya peningkatan prestasi belajar, dan (2) prestasi belajar mahasiswa denganmenggunakan model pembelajaran kreatif-kritis meningkat. Hal tersebut ditunjukkandengan adanya peningkatan nilai rerata kelas. Nilai kelas yang dibagi dalam tigakategori menunjukkan peningkatan semua. Atau dapat dikatakan bahwa nilai teori, nilaiteori dan praktik, maupun nilai teori, praktik, dan lapangan meningkat dengan adanyaimplementasi model pembelajaran kreatif-kritis.Kata Kunci: Model pembelajaran, kreatif-kritis, metodologi penelitian bisnis .Downloads
Published
06/01/2009
How to Cite
Setiawan, N., Widayati, A., & Sukirno, S. (2009). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KREATIF-KRITIS DALAM MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN BISNIS PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FISE-UNY. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i1.946
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.