PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KREATIF-KRITIS DALAM MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN BISNIS PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FISE-UNY

Ngadirin Setiawan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Ani Widayati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Sukirno Sukirno, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang dua hal pokok, yaitu: (1)respon mahasiswa terhadap model pembelajaran kreatif-kritis, dan (2) peningkatanprestasi belajar yang diperoleh mahasiswa dengan menggunakan model pembelajarankreatif-kritisSubjek penelitian ini adalah seorang dosen pengampu mata kuliah MetodologiPenelitian Bisnis, seorang dosen sebagai observer, dan seluruh mahasiswa yangmengambil mata kuliah Metodologi Penelitian Binis pada Program Studi PendidikanAkuntansi FISE UNY. Mahasiswa peserta mata kuliah MPB ini terdiri dari duakelompok, yaitu mahasiswa program reguler dan program nonreguler semester genap2007/2008 yang berjumlah 86 mahasiswa (Reguler = 41 orang dan Nonreguler = 45).Hasil penelitian memberikan kesimpulan sebagai berikut: (1) respon mahasiswaterhadap pembelajaran kreatif-kritis cenderung meningkat, hal ini dibuktikan denganbanyaknya komentar positif dalam angket yang diedarkan pada mahasiswa pesertakuliah Metodologi Penelitian Bisnis Prodi Pendidikan Akuntansi FISE UNY 2007 /2008. Mahasiswa lebih giat dan bersemangat dalam belajar yang ditunjukkan denganadanya peningkatan prestasi belajar, dan (2) prestasi belajar mahasiswa denganmenggunakan model pembelajaran kreatif-kritis meningkat. Hal tersebut ditunjukkandengan adanya peningkatan nilai rerata kelas. Nilai kelas yang dibagi dalam tigakategori menunjukkan peningkatan semua. Atau dapat dikatakan bahwa nilai teori, nilaiteori dan praktik, maupun nilai teori, praktik, dan lapangan meningkat dengan adanyaimplementasi model pembelajaran kreatif-kritis.Kata Kunci: Model pembelajaran, kreatif-kritis, metodologi penelitian bisnis .

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v8i1.946

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Index sitasi:

                         


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.