MODEL PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS MASYARAKAT PEDESAAN SEBAGAI USAHA PENGENTASAN KEMISKINAN DI WILAYAH KABUPATEN GUNUNGKIDUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v6i2.937Abstract
Tujuan umum penelitian ini adalah memberikan pelayanan pendidikankewirausahaan untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, sikap danmenumbuhkan motivasi serta etos kerja bagi anak remaja putus sekolah untukmemiliki jiwa kewirausahaan di bidang tertentu sesuai dengan bakat dan minatnyayang disesuaikan dengan potensi desa, sehingga mereka memiliki kemampuan untukbekerja/berkarya yang dapat mendatangkan penghasilan yang layak guna memenuhikebutuhan hidupnya.Penelitian pada tahun pertama (2007) yang masih menitikberatkan padaidentifikasi masalah dan needs assessment, menggunakan pendekatan penelitiansurvey dengan didukung metode pengumpulan data melalui angket, interview,observasi, dan partipatori aktip. Penelitian tahun kedua (2008) yang memfokuskanpada program aksi, menggunakan pendekatan penelitian tindakan (action research)dan penelitian evaluasi, dengan didukung metode pengumpulan data eksperimen,demonstrasi/pemberian tugas,observasi, dan interview.Hasil penelitian memberikan kesimpulan sebagai berikut: (1) angka prevalansianak putus sekolah masih cukup tinggi, (2) dari identifikasi permasalahan diperolehgambaran bahwa factor intern dan factor eksteren anak remaja putus sekolahmempengaruhi model pendidikan kewirausahaan dan jiwa kemandirian, (3) hasilneeds assessment menunjukkan bahwa bidang kewirausaahaan yang dapatdikembangkan disesuaikan dengan potensi desa masing-masing, (4) langkahlangkahpengembangan model pendidikan kewirausahaan bagi anak putus sekolahpada tahap awal telah dapat dilaksanakan dengan baik dan mampu memberikanmotivasi bagi anak remaja putus sekolah dalam membangun jiwa kemandirian danmencari peluang usaha di desanya, dan (5) hasil temuan dalam bentukkonseptualisasi berupa: metode dan prosedur pengembangan model pendidikankewirausahaan berbasis masyarakat pedesaan. Guna mendukung tercapainyaprogram dipandang perlu untuk dilanjutkan pelaksanaan program aksi pada tahunberikutnya (2008), yang diikuti dengan bimbingan teknis dan bantuan permodalanserta pembinaan yang berkelanjutan.Downloads
Published
2008-12-01
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.