ANALISIS PENERAPAN E-BUSINESS STUDI KASUS PADA PT. SINAR MAS AGRO RESOURCES AND TECHNOLOGY (SMART), Tbk
Diana Rahmawati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
E-bisnis dapat diartikan sebagai pemanfaatan teknologi jaringan dankomunikasi oleh organisasi, individu, atau pihak-pihak terkait untuk meningkatkanproses bisnisnya. Penerapan e-bisnis pada suatu unit usaha dapat menimbulkankeuntungan atau kerugian. Pada satu sisi pemanfatan teknologi informasi untuk bisnismemberikan keuntungan dalam hal peningkatan penjualan, memperluas pemasarandan promosi serta meningkatkan efisiensi, tetapi disisi lain penerapan e-bisniscenderung mengakibatkan kerugian karena biaya yang dibutuhkan untukmengoperasikan teknologi tersebut sangat tinggi sehingga pihak manajemen harusmempertimbangkan cost dan benefit dari pemanfaatan tersebut. Artikel ini mencobauntuk melakukan analisis terhadap penerapan e-bisnis PT. Sinar Mas Argo Resourcesand Technology (SMART), Tbk. Perusahaan ini merupakan perusahaan manufakturyang telah menerapkan teknologi informasi (e-bisnis) dalam kegiatan bisnisperusahaannya.Hasil analisis terhadap penerapan e bisnis pada PT. SMART, Tbk adalahbahwa penerapan tersebut memberi banyak keuntungan baik bagi pihak luar maupunbagi perusahaan itu sendiri. Pihak luar dari kalangan investor dapat memperolehinformasi tentang laporan keuangan dan pengumuman deviden melalui item forinvestor. Bagi para konsumen, informasi mengenai produk dapat diperoleh melaluiitem for consumer. Selain itu, para pencari kerja juga dapat memperoleh informasimengenai lowongan pekerjaan di perusahaan melalui item for job seeker. Hal tersebutdiatas dapat memberikan keuntungan kompetitif bagi perusahaan. Keuntungan yangdapat diraih tidak hanya sebatas keuntungan finansial, tapi juga keuntungannonfinansial. Namun sayangnya, keuntungan financial yang tercermin dari laporankeuangan tidak dapat diketahui secara pasti. Hal ini dikarenakan dalam laporankeuangan yang dapat diamati, baik akun biaya maupun laba usaha kurang terperinci.Hal ini mengakibatkan tidak diketahui secara pasti berapa besar rupiah yangdigunakan sebagai biaya promosi dan lain-lain serta keuntungan yang diperoleh dariusaha e-bisnis itu sendiri.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v6i2.933
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Index sitasi:
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.