KECAKAPAN INTERPERSONAL DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN

Aliyah Rasyid Baswedan,

Abstract


KECAKAPAN INTERPERSONAL DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN

Beberapa survei menunjukkan bahwa kemampuan berkomunikasi secara efektif merupakan faktor yang sangat penting bagi keberhasilan karir seseorang dalam berorganisasi.Ternyata juga bahwa dari banyak kecakapan yang sangat diperlukan seorang pimpinan dalam organisasi, kemampuan komunikasi interpersonal merupakan salah satu kecakapan terpenting. Dalam kecakapan ini termasuk juga kemampuan mendengarkan yang sering dianggap hal sepele.

Sekurang-kurangnya 80% dari waktu pimpinan digunakan untuk melakukan komunikasi verbal. Oleh karenanya tidak heran lagi bahwa komunikasi interpersonal merupakan kecakapan yang banyak membutuhkan perhatian untuk keberhasilannya. Namun kenyataan menunjukkan bahwa problem utama yang dihadapi para pimpinan organisasi adalah adanya komunikasi yang jelek. Hal ini diperparah lagi oleh kenyataan bahwa sebagian besar orang merasa bahwa mereka telah dapat berkomunikasi dengan baik. Jeleknya komunikasi terjadi karena kelemahan orang lain bukan kelemahan dirinya.

Agar komunikasi interpersonal berjalan lancar Whetten memberikan jalan keluar dengan mengemukakan 8 prinsip komunikasi interpersonal yang efektif yaitu : (1) Berorientasi pada persoalan dan jangan berorientasi pada orang, (2) Perlu dilakukan secara jujur, tulus, sesuai antara apa yang dipikirkan dan yang diungkapkan, (3) Bersifat deskriptif dan tidak evaluatif, (4) Tidak memojokkan seseorang, (5) Tidak bersifat global atau umum tetapi bersifat khusus, (6) Berhubungan dengan pesan sebelumnya, (7) Tertuju pada seseorang, (8) Diusahakan untuk berlangsung dua arah

Kata Kunci : kecakapan hidup, komunikasi, interpersonal, efektif


Full Text:

Untitled


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v5i1.865

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Index sitasi:

                         


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.