Corporate Social Reporting: Implikasi Kebutuhan Akuntabilitas dan Kontrak Sosial

Denies Priantinah,

Abstract


Corporate Social Reporting: Implikasi Kebutuhan Akuntabilitas dan Kontrak Sosial

Perusahaan selaku pelaku bisnis adalah institusi yang senantiansa berinteraksi dengan lingkungannya. Interaksi ini membuat perusahaan tidak bisa melepaskan tanggung jawab sosial. Keseriusan perusahaan untuk memperhatikan aspek sosial merupakan hal penting karena lingkungan memberikan andil dan kontribusi, disamping masyarakat merupakan konsumen potensial bagi perusahaan.

Pengabaian tanggung jawab sosial oleh perusahaan bisa berdampak buruk bagi lingkungan. Akuntansi selaku bagian integral dari dunia bisnis bisa menjadi alat mencegah terjadinya penggunaan sumber daya yang tidak tepat ini.Hal ini bisa dilakukan karena laporan keuangan menunjukkan apa yang telah dilakukan oleh perusahaan sebagai stewardship atas sumber daya yang dipercayakan kepadanya. Akuntansi sebagai proses penghasil informasi keuangan mampu mengukur upaya perusahaan yang terkait dengan tanggung jawab sosialnya, melalui akuntansi sosial dan CSR (Corporate Social Reporting).

Ketiadaan format pelaporan akuntansi sosial dan pendekatan pengukuran dampak sosial perusahaan yang baku dan seragam merupakan masalah mendasar yang perlu dicermati, mengingat akuntansi sosial mendapat kedudukan yang penting di masyarakat. Penelitian empiris menunjukkan bahwa perusahaan yang mempublikasikan CSR mendapat apresiasi yang bagus, baik di masyarakat, maupun di pasar modal. Artikel ini membahas mengenai pengertian akuntansi sosial, pengertian serta pergeseran tujuan perusahaan. Artikel ini juga menyajikan beberapa pendekatan pengukuran dampak sosial serta bentuk pelaporannya. Pada gilirannya diharapkan akuntan dan pengguna informasi akuntansi dapat berperan dalam membantu penanganan masalah lingkungan.

Keywords: Akuntansi Sosial, Corporate Social Reporting, Externalities, Social cost, Social Benefit.

 


Full Text:

Untitled


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v4i2.852

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Index sitasi:

                         


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.