PERSEPSI UPPER MANAGER DAN LOWER MANAGER TERHADAP PERENCANAAN SISTEM INFORMASI PADA LINGKUNGAN SISTEM INFORMASI STRATEGIC DAN TURNAROUND

Dyah Setyorini,

Abstract


PERSEPSI UPPER MANAGER DAN LOWER MANAGER TERHADAP PERENCANAAN SISTEM INFORMASI PADA LINGKUNGAN SISTEM INFORMASI STRATEGIC DAN TURNAROUND

Peranan sistem informasi dalam organisasi mulai berubah fungsinya dari fungsi pendukung (tradisional) ke fungsi strategik mengikuti perkembangan teknologi informasi.  Berdasarkan strategic grid, peranan sistem informasi dalam organisasi dibagi dalam empat lingkungan sistem informasi yaitu strategic, factory, turnaround, dan support. Riset ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan persepsi perencanaan sistem informasi antara upper manager dengan lower manager pada lingkungan sistem informasi strategic dan turnaround.

Perbedaan persepsi perencanaan sistem informasi ini dilihat dari sepuluh variabel yaitu kualitas proses perencanaan, rentang waktu perencanaan, sumber-sumber perencanaan, integrasi bisnis dengan sistem informasi, kualitas mekanisme pendukung, keterlibatan manajemen puncak, keterlibatan pemakai, sumber-sumber sistem informasi, efektivitas perencanaan, kinerja sistem informasi, dan kontribusi sistem informasi. Sampel yang dipakai dalam penelitian ini adalah mahasiswa S2 yang dipersepsikan sebagai manajer puncak (upper manager) dan lower manager bagian/departemen SI atau EDP (electronic data processing) pada organisasi/perusahaan yang termasuk dalam kelompok strategic atau turnaround. Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan metode analisis univariate analysis of variance (ANOVA).

Hasil riset ini menunjukkan bahwa-kecuali variabel integrasi sistem informasi dengan bisnis dan variabel kontribusi sistem informasi-tidak ada perbedaan persepsi antara upper manager dengan lower manager mengenai perencanaan SI dalam lingkungan SI strategic maupun turnaround. Hal ini bukan berarti ada perbedaan persepsi antara upper manager dengan lower manager mengenai perencanaan SI baik dalam lingkungan SI strategic maupun turnaround, akan tetapi karena adanya bias pada responden.

 

Kata Kunci: Lingkungan Sistem Informasi, Strategic Grid, Strategic,

Turnaround, Upper-Lower Manager.


Full Text:

Untitled


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v4i2.849

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Index sitasi:

                         


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.