PENGARUH PEMBERIAN TUGAS PEKERJAAN RUMAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR

Umiyatun Karyawati, Sukanti Sukanti, Isroah Isroah

Abstract


PENGARUH PEMBERIAN TUGAS PEKERJAAN RUMAH DAN

MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tugas pekerjaan rumah (X1) terhadap prestasi belajar Mata Pelajaran Ekonomi (Y), untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar (X2) terhadap prestasi belajar Mata Pelajaran Ekonomi (Y), serta untuk mengetahui pengaruh pemberian tugas pekerjaan rumah (X1) dan motivasi belajar (X2) terhadap prestasi belajar Mata Pelajaran Ekonomi (Y).

Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SLTP N 2 Gombong Kabupaten Kebumen yang berjumlah 636 siswa. Penentuan besarnya sampel dilakukan dengan cara Proportional Stratified Random Sampling sebanyak 223 siswa. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik korelasi product moment dan teknik analisis regresi ganda. Sebelum data dianalisis, dilakukan pengujian persyaratan analisis berupa uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinieritas.

Hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan pemberian tugas pekerjaan rumah dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Mata Pelajaran Ekonomi yang ditunjukkan oleh Ry(1,2) sebesar 0,507. Sumbangan efektif dari pemberian tugas pekerjaan rumah sebesar 7,764 % dan sumbangan efektif dari motivasi belajar sebesar 17, 948 %. Sedangkan sumbangan relatif pemberian tugas pekerjaan rumah sebesar 30,195 % dan dari motivasi belajar sebesar 69,805 %. Hasil penelitian ini memberikan petunjuk bahwa baik secara sendiri maupun bersama-sama terdapat pengaruh positif dan signifikan pemberian tugas pekerjaan rumah dan motivasi belajarterhadap prestasi belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa SLTP Negeri 2 Gombong Kabupaten Kebumen.

Key Word : PR, Motivasi, Prestasi Belajar

Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.