PENGARUH PEMBERIAN TUGAS PEKERJAAN RUMAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v3i1.829Abstract
PENGARUH PEMBERIAN TUGAS PEKERJAAN RUMAH DAN
MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tugas pekerjaan rumah (X1) terhadap prestasi belajar Mata Pelajaran Ekonomi (Y), untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar (X2) terhadap prestasi belajar Mata Pelajaran Ekonomi (Y), serta untuk mengetahui pengaruh pemberian tugas pekerjaan rumah (X1) dan motivasi belajar (X2) terhadap prestasi belajar Mata Pelajaran Ekonomi (Y).
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SLTP N 2 Gombong Kabupaten Kebumen yang berjumlah 636 siswa. Penentuan besarnya sampel dilakukan dengan cara Proportional Stratified Random Sampling sebanyak 223 siswa. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik korelasi product moment dan teknik analisis regresi ganda. Sebelum data dianalisis, dilakukan pengujian persyaratan analisis berupa uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinieritas.
Hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan pemberian tugas pekerjaan rumah dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Mata Pelajaran Ekonomi yang ditunjukkan oleh Ry(1,2) sebesar 0,507. Sumbangan efektif dari pemberian tugas pekerjaan rumah sebesar 7,764 % dan sumbangan efektif dari motivasi belajar sebesar 17, 948 %. Sedangkan sumbangan relatif pemberian tugas pekerjaan rumah sebesar 30,195 % dan dari motivasi belajar sebesar 69,805 %. Hasil penelitian ini memberikan petunjuk bahwa baik secara sendiri maupun bersama-sama terdapat pengaruh positif dan signifikan pemberian tugas pekerjaan rumah dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa SLTP Negeri 2 Gombong Kabupaten Kebumen.
Key Word : PR, Motivasi, Prestasi Belajar
Downloads
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.