DAPATKAH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ETIKA PROFESI?
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v22i2.77181Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran Etika Profesi. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievment Division (STAD). Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas X AKL 2 SMK Negeri 2 Madiun yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan 3 siklus penelitian dimana untuk setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi atau pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan dokumentasi dan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan siklus I yang berfokus dengan mengadaptasi metode STAD ini rata-rata hasil belajar peserta didik yang diatas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) mencapai 56%. Selanjutnya dilakukan siklus II dengan berfokus pada pembagian kelompok secara heterogen, hasilnya rata-rata hasil belajar peserta didik mencapai 92%. Pada siklus III penerapan metode STAD dengan memberikan motivasi serta reward pada siswa yang aktif dalam pembelajaran. Pada siklus ketiga hasilnya peserta didik yang diatas KKM mencapai 100%.
Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif, STAD, Hasil Belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.