DAPATKAH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ETIKA PROFESI?

Authors

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpai.v22i2.77181

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran Etika Profesi. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievment Division (STAD). Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas X AKL 2 SMK Negeri 2 Madiun yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan 3 siklus penelitian dimana untuk setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi atau pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan dokumentasi dan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan siklus I yang berfokus dengan mengadaptasi metode STAD ini rata-rata hasil belajar peserta didik yang diatas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) mencapai 56%. Selanjutnya dilakukan siklus II dengan berfokus pada pembagian kelompok secara heterogen, hasilnya rata-rata hasil belajar peserta didik mencapai 92%. Pada siklus III penerapan metode STAD dengan memberikan motivasi serta reward pada siswa yang aktif dalam pembelajaran. Pada siklus ketiga hasilnya peserta didik yang diatas KKM mencapai 100%.

Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif, STAD, Hasil Belajar

Downloads

Published

10/03/2024

How to Cite

Lestari, I. D., Astuti, E., & Yusdita, E. E. (2024). DAPATKAH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ETIKA PROFESI?. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 22(2), 01–11. https://doi.org/10.21831/jpai.v22i2.77181