PENGGUNAAN SOFTWARE WONDERSHARE QUIZ CREATOR SEBAGAI MEDIA EVALUASI TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR
Supri Wahyudi Utomo, Universitas PGRI Madiun, Indonesia
farida styaningrum, Universitas PGRI Madiun, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan Software Wondershare Quiz Creator sebagai media penilaian keaktifan belajar mahasiswa pada mata kuliah Pengantar Akuntansi 2. Wondershare Quiz Creator dipilih karena kemampuannya dalam membuat kuis interaktif yang kaya akan elemen multimedia. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, hasil kuis, dan angket keaktifan belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif menggunakan uji keabsahan data yaitu triangulasi sumber dan teknik untuk mengukur keaktifan belajar dan pemahaman materi mahasiswa. Hasil penelitian diperoleh skor lembar observasi keaktifan sebesar 83,35 dengan kategori “Sangat Baik” berdasarkan indikator menunjukkan bahwa keterlibatan keaktifan belajar mahasiswa meningkat dengan menggunakan Wondershare Quiz Creator sebagai media penilaian dan pemahaman materi yang lebih tinggi. Berdasarkan hasil angket kuesioner, keaktifan belajar mahasiswa pada kategori “Tinggi” mencapai rata-rata 60,71% hingga 83,92%. Keaktifan belajar ini terjadi karena terdapat fitur-fitur interaktif yang terdapat dalam Wondershare Quiz Creator, yang membuat proses evaluasi menjadi lebih menarik dan menyenangkan, sehingga hasil penilaian evaluasi mahasiswa saat menggunakan Wondershare Quiz Creator menghasilkan nilai dengan rata-rata sebesar 80,00 dengan kategori “BAIK”.
Kata Kunci: Wondershare Quiz Creator, Media Evaluasi Pembelajaran, Keaktifan Belajar
DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v22i2.76918
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Nova Alysa Rahmadani, Supri Wahyudi Utomo, farida styaningrum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Index sitasi:
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.