PENGGUNAAN SOFTWARE WONDERSHARE QUIZ CREATOR SEBAGAI MEDIA EVALUASI TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v22i2.76918Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan Software Wondershare Quiz Creator sebagai media penilaian keaktifan belajar mahasiswa pada mata kuliah Pengantar Akuntansi 2. Wondershare Quiz Creator dipilih karena kemampuannya dalam membuat kuis interaktif yang kaya akan elemen multimedia. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, hasil kuis, dan angket keaktifan belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif menggunakan uji keabsahan data yaitu triangulasi sumber dan teknik untuk mengukur keaktifan belajar dan pemahaman materi mahasiswa. Hasil penelitian diperoleh skor lembar observasi keaktifan sebesar 83,35 dengan kategori "Sangat Baik" berdasarkan indikator menunjukkan bahwa keterlibatan keaktifan belajar mahasiswa meningkat dengan menggunakan Wondershare Quiz Creator sebagai media penilaian dan pemahaman materi yang lebih tinggi. Berdasarkan hasil angket kuesioner, keaktifan belajar mahasiswa pada kategori "Tinggi" mencapai rata-rata 60,71% hingga 83,92%. Keaktifan belajar ini terjadi karena terdapat fitur-fitur interaktif yang terdapat dalam Wondershare Quiz Creator, yang membuat proses evaluasi menjadi lebih menarik dan menyenangkan, sehingga hasil penilaian evaluasi mahasiswa saat menggunakan Wondershare Quiz Creator menghasilkan nilai dengan rata-rata sebesar 80,00 dengan kategori "BAIK".
Kata Kunci: Wondershare Quiz Creator, Media Evaluasi Pembelajaran, Keaktifan Belajar
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.