HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN SELF-ESTEEM DENGAN PRESTASI BELAJAR JURNAL PENYESUAIAN PADA SISWA SMK
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v22i2.76704Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dan self-esteem dengan prestasi belajar jurnal penyesuaian pada siswa SMK. Terdapat dua variabel dalam penelitian ini yaitu variabel bebas berupa kecerdasan emosional dan self-esteem dan variabel terikat berupa prestasi belajar jurnal penyesuaian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Responden penelitian ini adalah siswa Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga di salah satu SMK di Karanganyar sebanyak 84 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model korelasi. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar jurnal penyesuaian pada siswa SMK. Hal ini ditunjukkan pada nilai sig. sebesar 0,010 (p-value < 0,05) dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,278; (2) terdapat hubungan positif antara self-esteem dengan prestasi belajar jurnal penyesuaian pada siswa SMK. Hal ini ditunjukkan pada nilai sig. sebesar 0,003 (p-value < 0,05) dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,325; (3) terdapat hubungan positif antara kecerdasan emosional dan self-esteem dengan prestasi belajar jurnal penyesuaian pada siswa SMK. Hal ini ditunjukkan pada nilai signifikansi menunjukkan 0,002 (p-value < 0,05) dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,371; (4) pengaruh kecerdasan emosional dan self-esteem dengan prestasi belajar jurnal penyesuaian sebesar 13,9%.
Kata kunci: kecerdasan emosional, self-esteem, prestasi belajarDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.