HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN SELF-ESTEEM DENGAN PRESTASI BELAJAR JURNAL PENYESUAIAN PADA SISWA SMK
Binti Muchsini, Universitas Sebelas Maret Surakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dan self-esteem dengan prestasi belajar jurnal penyesuaian pada siswa SMK. Terdapat dua variabel dalam penelitian ini yaitu variabel bebas berupa kecerdasan emosional dan self-esteem dan variabel terikat berupa prestasi belajar jurnal penyesuaian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Responden penelitian ini adalah siswa Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga di salah satu SMK di Karanganyar sebanyak 84 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model korelasi. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar jurnal penyesuaian pada siswa SMK. Hal ini ditunjukkan pada nilai sig. sebesar 0,010 (p-value < 0,05) dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,278; (2) terdapat hubungan positif antara self-esteem dengan prestasi belajar jurnal penyesuaian pada siswa SMK. Hal ini ditunjukkan pada nilai sig. sebesar 0,003 (p-value < 0,05) dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,325; (3) terdapat hubungan positif antara kecerdasan emosional dan self-esteem dengan prestasi belajar jurnal penyesuaian pada siswa SMK. Hal ini ditunjukkan pada nilai signifikansi menunjukkan 0,002 (p-value < 0,05) dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,371; (4) pengaruh kecerdasan emosional dan self-esteem dengan prestasi belajar jurnal penyesuaian sebesar 13,9%.
Kata kunci: kecerdasan emosional, self-esteem, prestasi belajarFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v22i2.76704
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 zaidatul mustaf'ida, Binti Muchsini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Index sitasi:
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.