PENGARUH LEARNING AGILITY TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA JURUSAN AKUNTANSI DI SMK KARANGANYAR

Authors

  • Lisa Kartika Rahmawati Universitas Sebelas Maret
  • Binti Muchsini Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpai.v22i2.76703

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara learning agility terhadap kesiapan kerja siswa program keahlian akuntansi pada SMK Negeri di karanganyar. Variabel bebas (X) dalam penelitian ini yaitu learning agility dan variabel terikat (Y) yaitu kesiapan kerja. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Responden penelitian ini adalah siswa Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga pada SMK Negeri di Karanganyar sebanyak 137 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas One Sample Kolmogorov Smirnov dan uji linearitas deviation from linearity pada taraf 0,05. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t atau t-test. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial (uji t) diketahui bahwa nilai signifikansi variabel learning agility (X) sebesar 0,001 < 0,05 dengan nilai koefisien determinasi yang sebesar 0,649 atau 64,9% besarnya kontribusi yang diberikan variabel learning agility terhadap variabel kesiapan kerja. Dari hasil uji t dari setiap indikator dalam learning agility (people agility, result agility, mental agility, dan change agility) menunjukan bahwa setiap indikator berpengaruh terhadap kesiapan kerja. Maka dapat disimpulkan bahwa learning agility berpengaruh signifikan terhadap kesiapan kerja.

Kata kunci: Kesiapan Kerja, Learning Agility, Akuntansi

Downloads

Published

10/03/2024

How to Cite

Rahmawati, L. K., & Muchsini, B. (2024). PENGARUH LEARNING AGILITY TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA JURUSAN AKUNTANSI DI SMK KARANGANYAR. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 22(2), 57–65. https://doi.org/10.21831/jpai.v22i2.76703