IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI

Marrysabell Natalita Sitepu, Universitas Negeri Medan, Indonesia
Andri Zainal, Universitas Negeri Medan
Ulfa Nurhayani, Universitas Negeri Medan
Roza Thohiri, Universitas Negeri Medan
Sondang Aida Silalahi, Universitas Negeri Medan

Abstract


Masalah yang dihadapi pada penelitian ini yaitu rendahnya tingkat keaktifan serta hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran akuntansi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menyertakan 35 peserta didik dari kelas XI AKL 1. Obyek penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran Quantum Learning. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang dimanfaatkan yaitu lembar pengamatan keaktifan belajar serta test hasil belajar. Teknik analisis data penelitian ini yakni analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian berdasarkan lembar pengamatan membuktikan bahwa di siklus I, 18 peserta didik yang termasuk pada kriteria aktif serta sangat aktif. Di siklus II, jumlah siswa yang masuk pada kategori aktif serta sangat aktif mengalami peningkatan menjadi 32 peserta didik, serta sudah mencapai indikator keberhasilan ≥78%. Melalui analisis data test hasil belajar, skor rata-rata pre-test yaitu 63,71%, dimana 14 peserta didik (40%) yang lulus. Skor rata-rata post-test siklus I yaitu 74%, dimana 23 peserta didik (65,71%) yang lulus. Selanjuntya, skor rata-rata post-test siklus II yaitu 91,43%, dimana 35 peserta didik (100%) yang lulus, mencapai indikator keberhasilan ≥90%. Mengacu pada analisis ini, bisa ditarik kesimpulan bahwasanya penerapan Model Quantum Learning mampu meningkatkan tingkat keaktifan serta hasil belajar peserta didik pada kelas XI AKL SMK Negeri 1 Medan.

Kata kunci: Keaktifan Belajar, Hasil Belajar Akuntansi, Quantum Learning

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v21i2.62293

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia



Index sitasi:

                         


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.