IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v21i2.62293Abstract
Masalah yang dihadapi pada penelitian ini yaitu rendahnya tingkat keaktifan serta hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran akuntansi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menyertakan 35 peserta didik dari kelas XI AKL 1. Obyek penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran Quantum Learning. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang dimanfaatkan yaitu lembar pengamatan keaktifan belajar serta test hasil belajar. Teknik analisis data penelitian ini yakni analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian berdasarkan lembar pengamatan membuktikan bahwa di siklus I, 18 peserta didik yang termasuk pada kriteria aktif serta sangat aktif. Di siklus II, jumlah siswa yang masuk pada kategori aktif serta sangat aktif mengalami peningkatan menjadi 32 peserta didik, serta sudah mencapai indikator keberhasilan ≥78%. Melalui analisis data test hasil belajar, skor rata-rata pre-test yaitu 63,71%, dimana 14 peserta didik (40%) yang lulus. Skor rata-rata post-test siklus I yaitu 74%, dimana 23 peserta didik (65,71%) yang lulus. Selanjuntya, skor rata-rata post-test siklus II yaitu 91,43%, dimana 35 peserta didik (100%) yang lulus, mencapai indikator keberhasilan ≥90%. Mengacu pada analisis ini, bisa ditarik kesimpulan bahwasanya penerapan Model Quantum Learning mampu meningkatkan tingkat keaktifan serta hasil belajar peserta didik pada kelas XI AKL SMK Negeri 1 Medan.
Kata kunci: Keaktifan Belajar, Hasil Belajar Akuntansi, Quantum LearningDownloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.