PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBENTUK PERMAINAN EDUKASI AKUNTANSI CARI KATA (ACAK) MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS5
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v13i1.5190Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan media pembelajaran berbentuk Permainan Edukasi Akuntansi Cari Kata (ACAK), dan 2) mengetahui kelayakan Permainan Edukasi Akuntansi Cari Kata (ACAK) sebagai media pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik SMK YPE Sawunggalih kelas XI jurusan Akuntansi, ahli materi, ahli media dan praktisi pembelajaran Akuntansi Keuangan SMK dan objek penelitian adalah pengembangan media pembelajaran berbentuk Permainan Edukasi Akuntansi Cari Kata (ACAK). Analisis data yang digunakan untuk mengetahui kelayakan adalah deskriptif kuantitatif dengan persentase. Pengembangan media pembelajaran Permainan Edukasi Akuntansi Cari Kata (ACAK) dengan Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation (ADDIE). Penilaian 1) uji coba perorangan mendapatkan Baik dan Sangat Layak (83.49%), 2) uji coba kelompok kecil Baik dan Sangat Layak (85.23%), 3) uji coba lapangan Baik dan Sangat Layak (81.14%), 4) ahli materi Sangat Baik dan Sangat Layak (93.91%), 5) ahli materi adalah Baik dan Sangat Layak (91.25%), 6) praktisi pembelajaran Akuntansi SMK Baik dan Sangat Layak (82.85%). Berdasarkan hasil penilaian dari keenam tahapan maka media pembelajaran Permainan Edukasi Akuntansi Cari Kata (ACAK) dinyatakan Sangat Layak (86.31%) untuk digunakan sebagai media pembelajaran Akuntansi Keuangan pada kompetensi dasar Aset Tetap kelas XI Akuntansi SMK YPE Sawunggalih.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Permainan Edukasi, Akuntansi Cari Kata (ACAK)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.