TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN PERMAINAN LUDO AKUNTANSI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v13i1.5189Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas X AK 2 SMK Negeri 1 Godean Tahun Pelajaran 2014/2015 melalui penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Permainan Ludo Akuntansi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi partisipatif/ pengamatan, angket, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Permainan Ludo Akuntansi dapat Meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas X AK 2 SMK Negeri 1 Godean Tahun Pelajaran 2014/2015. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan di setiap indikator Aktivitas Belajar Akuntansi dari siklus I ke siklus II. Peningkatan persentase rata-rata Aktivitas Belajar Akuntansi sebesar 19,29%, berasal dari persentase rata-rata Aktivitas Belajar Akuntansi dari siklus I 69,35% menjadi 88,64% pada siklus II.
Kata kunci: Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT), Permainan Ludo Akuntansi, Aktivitas Belajar Akuntansi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.