EVALUASI KINERJA PERUSAHAAN SELAMA PANDEMI COVID-19 MELALUI PENDEKATAN ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) DAN MARKET VALUE ADDED (MVA) DENGAN TIME SERIES APPROACH (Studi pada Perusahaan LQ45 Sub Sektor Property and Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2019 - 2020)

Anggit Dyah Kusumastuti, Universitas Sahid Surakarta
Annisa Indah Mutiasari, Universitas Sahid Surakarta
Destina Paningrum, Universitas Sahid Surakarta

Abstract


Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) merupakan metode baru mengukur kinerja perusahaan yang mendasarkan pada nilai. Pendekatan Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) dengan time series approach merupakan alat ukur kinerja keuangan untuk melihat sejauh mana efektivitas perusahaan dalam pengembalian atas investasi melalui ukuran kinerja yang dilihat dari nilai tambah (value based). Penelitian ini bertujuan mengetahui kinerja perusahaan Property and Real Estate yang masuk dalam LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama pandemi covid-19 tahun 2019-2020 dengan pendekatan Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) dengan time series approach. Hasil penelitian menunjukkan perusahaan Bumi Serpong Damai Tbk, Ciputra Development Tbk, menghasilkan nilai EVA di bawah rata-rata industri, sedangkan Pakuwon Jati, Tbk menghasilkan nilai EVA di atas rata-rata industri. Nilai MVA untuk perusahaan Bumi Serpong Damai, Tbk dan Ciputra Development, Tbk menghasilkan nilai di atas rata-rata industri, sedangkan Pakuwon Jati, Tbk dengan nilai MVA di bawah rata-rata industri. Rata-rata penilaian Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) sebesar 383 menunjukkan nilai positif. Hal ini menunjukkan bahwa kondisi sektor property and real estate secara keseluruhan berkinerja baik. Dengan mengetahui nilai EVA dan MVA mengidentifikasikan perusahaan mampu meningkatkan kinerja melalui keputusan investasi dan esejahteraan investor.

 

Kata kunci : Economic Value Added (EVA), Market Value Added (MVA), Kinerja Perusahaan Property and Real Estate, Covid-19


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v20i1.51565

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia



Index sitasi:

                         


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.