IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN PRAKTIKUM KOMPUTER AKUNTANSI

Rizqi Ilyasa Aghni, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Konsep teori belajar konstruktivisme sebagai salah satu dari sekian banyak konsep teori belajar yang memberikan kesempatan yang luas kepada peserta didik untuk dapat membangun, dan mengeksplorasi proses pembelajaran dan berperan aktif serta mandiri dalam menemukan konsep dan ide baru pengetahuan yang sudah ada dalam diri peserta didik maupun yang sedang dipelajarinya. Konsep ini kemudian menjadi dasar bagaimana mengarahkan proses pembelajaran berbasis praktik pada matakuliah praktik komputer akuntansi agar lebih dapat memberikan makna dan kesan kepada peserta didik dalam proses pembelajarannya. Penelitian ini merupakan penelitian berbasis kajian literatur yang dilakukan dengan menganalisis beberapa sumber referensi berupa artikel dan buku referensi yang relevan terkait topik yang diangkat. Beberapa konsep teori belajar konstruktivisme pada matakuliah komputer akuntansi ini yaitu sebagai berikut 1) Belajar melalui pengkonstruksian informasi dan ide yang dimiliki; 2) Pembelajaran menjadi bermakna apabila peserta didik mengerti; 3) Strategi peserta didik lebih bernilai; 4) Peserta didik berkesempatan untuk diskusi dengan sesamanya. Dari konsep ini dapat diambil kesimpulan bahwa proses kegiatan praktikum komputer akuntansi harus mendahulukan kesempatan peserta didik dalam mengekspolorasi dan menggali lebih dalam informasi secara mandiri terbimbing dimana peranan pendidik hanya memberikan arahan dan fasilitator dan agar proses pembelajaran lebih berkesan serta bermakna bagi peserta didik.

Kata kunci : Konstruktivisme, pembelajaran praktik, komputer akuntansi.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v20i2.51475

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia



Index sitasi:

                         


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.