PENGARUH LITERASI DIGITAL, KEMANDIRIAN BELAJAR, DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DASAR

Dyah Nur Khasanah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Amanita Novi Yushita, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Literasi Digital terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar; (2) Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar; (3) Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dan dilaksanakan di SMK Negeri 1 Bantul dengan menggunakan sampel berjumlah 100 peserta didik dengan uji coba instrumen dilakukan pada 30 responden. Pengumpulan data pada penelitian ini diambil menggunakan angket dan dokumen hasil Nilai Ulangan Harian I dan II serta nilai Ujian Tengah Semester untuk semester gasal. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda yang sebelumnya harus dilakukan pengujian prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Literasi Digital terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar dengan nilai koefisien regresi (B1) 0,325 dan sig. (0,042 < 0,05); (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar dengan nilai koefisien regresi (B2) 0,202 dan sig. (0,017 < 0,05); (3) Tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan dari Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar dengan nilai koefisien regresi (B3) 0,057 dan sig. (0,635 > 0,05).

 

Kata Kunci: Literasi Digital, Kemandirian Belajar, Perhatian Orang Tua, Prestasi  Belajar Akuntansi Dasar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v21i1.44398

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia



Index sitasi:

                         


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.