IMPLEMENTASI APLIKASI QUIZIZZ UNTUK KEAKTIFAN PESERTA DIDIK KELAS DARING PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN
Supri Wahyudi Utomo, Universitas PGRI Madiun, Indonesia
Elana Era Yusdita, Universitas PGRI Madiun, Indonesia
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah keaktifan peserta didik didalam kelas pada mata pelajaran akuntansi keuangan dengan menggunakan aplikasi Quizizz untuk melengkapi pembelajaran daring dengan media Whatsapp Grup dan Google Classroom agar materi pelajaran akuntansi keuangan dapat dipahami dengan mudah oleh peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Informan menggunakan 11 orang yang terdiri dari 1 guru akuntansi keuangan dan 10 peserta didik kelas XI AKL 2 di SMK PGRI Wonoasri. Hasil penelitian menggunakan aplikasi Quizizz ini sangat membantu untuk pembelajaran daring, meningkatkan belajar dan pemahaman peserta didik. Aplikasi Quizizz lebih mudah diakses dan digunakan dari pada aplikasi yang pernah peserta didik gunakan yaitu Google Classroom. Namun aplikasi Quizizz memiliki keterbatasan apabila sinyal tidak stabil saat mengerjakan soal bisa keluar dari aplikasi, meskipun dapat melanjukan soal namun cukup menghambat pengerjaan. Aplikasi Quizizz ini cukup menyenangkan, seru bagi peserta didik yang dapat beradaptasi dengan pembelajaran daring, sedangkan bagi peserta didik yang memiliki gaya belajar auditori yang harus mendengar penjelasan materi secara langsung dari guru saat pembelajaran di kelas, aplikasi Quizizz tidak berhasil menumbuhkan semangat belajarnya.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v19i2.43613
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Index sitasi:
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.