PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP KEBIASAAN BELAJAR SISWA KELAS X JURUSAN AKUNTANSI SMK NEGERI 2 BALIGE

Blasius Erik Sibarani, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kebiasaan belajar pada siswa kelas X Jurusan akunatansi SMK Negeri 2 Balige dikarenakan rendahnya perhatian orang tua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap kebiasaan belajar siswa kelas X Jurusan Akuntansi SMK Negeri 2 Balige. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Balige. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Jurusan Akuntansi SMK Negeri 2 Balige yang berjumlah 107 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan Simpel Random Sampling. Jumlah sampel yang digunakan yaitu sebanyak 100 responden. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis PLS (Partial Least Square) melalui software SmartPLS. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji PLS Algoritma, PLS Bootstrapping dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t. Hasil analisis yang diperoleh rata-rata varians direfleksikan diatas 0,5 dan indikator outer loading lebih tinggi dari 0,6. Data dari perhitungan untuk hipotesis perhatian orang tua berpengaruh terhadap kebiasaan belajar siswa diperoleh nilai p-value sebesar 0,002 sedangkan taraf nyata atau α sebesar 0,05 yang berarti hipotesis diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa perhatian otang tua berpengaruh terhadap kebiasaan belajar siswa. 

Kata Kunci: Kebiasaan Belajar, Partial Least Square (PLS), Perhatian Orang Tua

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v19i2.41679

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia



Index sitasi:

                         


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.