KECURANGAN PEMBELAJARAN DARING PADA AWAL PANDEMI: DIMENSI FRAUD PENTAGON
Alvina Kristiani, Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Stevanus Pangestu, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh determinan kecurangan pembelajaran daring selama pandemi COVID-19 menggunakan dimensi fraud pentagon. Variabel independen dalam penelitian ini yaitu, tekanan, peluang, rasionalisasi, kemampuan, dan arogansi. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan teknik survei daring dan instrumen kuesioner. Proses analisis dan pengolahan data penelitian dilakukan dengan analisis regresi berganda pada perangkat lunak IBM SPSS Statistics versi 25 dengan jumlah sampel sebanyak 387 mahasiswa akuntansi. Hasil pengujian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa variabel tekanan, rasionalisasi, dan kemampuan berpengaruh signifikan terhadap perilaku kecurangan pembelajaran daring. Sedangkan variabel peluang dan arogansi tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku kecurangan pembelajaran daring
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v19i1.40734
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Index sitasi:
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.