PERAN MOTIVASI BELAJAR DALAM MEMODERASI HASIL BELAJAR PENGANTAR AKUNTANSI DAN MATEMATIKA EKONOMI TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI
Agung Listiadi, Universitas Negeri Surabaya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh hasil belajar pengantar akuntansi, matematika ekonomi terhadap tingkat pemahaman akuntansi, untuk menganaliais peran motivasi belajar dalam memoderasi hasil belajar pengantar akuntansi, matematika ekonomi terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Responden pada penelitian ini berjumlah 97 mahasiswa pendidikan akuntansi Universitas Negeri Surabaya. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu mengunakan kuisioner dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar pengantar akuntansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi dan hasil belajar matematika ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Sedangkan motivasi belajar tidak mampu memoderasi hasil belajar pengantar akuntansi terhadap tingkat pemahaman akuntansi, dan motivasi belajar tidak mampu memoderasi hasil belajar matematika ekonomi terhadap tingkat pemahaman akuntansi.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v19i1.39613
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Index sitasi:
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.