PEER-REVIEW ASSESSMENT DAN LUARAN PEMBELAJARAN MAHASISWA PADA MATA KULIAH PRAKTIKUM PERPAJAKAN
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v18i1.32103Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) apakah ada hubungan antara metode penilaian dengan luaran pembelajaran mahasiswa yang ditunjukkan dengan nilai ujian akhir mata kuliah praktikum perpajakan 2) apakah self-esteemdapat memoderasi hubungan antara metode penilaian peer-reviewdengan luaran pembelajaran mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah 84 mahasiswa Diploma III Akuntansi. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis meliputi uji validitas, realibitas instrumen kuesioner, normalitas, multikolinearitas, dan heterokedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi liniear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) peer-review assessment memiliki hubungan dengan luaran pembelajaran mahasiswa 2) self-esteemgagal memoderasi hubungan tersebut.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.