PEER-REVIEW ASSESSMENT DAN LUARAN PEMBELAJARAN MAHASISWA PADA MATA KULIAH PRAKTIKUM PERPAJAKAN

Authors

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpai.v18i1.32103

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) apakah ada hubungan antara metode penilaian dengan luaran pembelajaran mahasiswa yang ditunjukkan dengan nilai ujian akhir mata kuliah praktikum perpajakan 2) apakah self-esteemdapat memoderasi hubungan antara metode penilaian peer-reviewdengan luaran pembelajaran mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah 84 mahasiswa Diploma III Akuntansi. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis meliputi uji validitas, realibitas instrumen kuesioner, normalitas, multikolinearitas, dan heterokedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi liniear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) peer-review assessment  memiliki hubungan dengan luaran pembelajaran mahasiswa 2) self-esteemgagal memoderasi hubungan tersebut.

Downloads

Published

2020-06-23