PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK JIGSAW BERBANTU MEDIA KARTU UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v12i2.2711Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Akuntansi siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Koperasi Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014 melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw berbantu Media Kartu. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaboratif selama dua sikilus, untuk masing-masing siklus dilaksanakan selama dua pertemuan. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi partisipatif, dokumentasi, dan tes.Teknik analisis data yang digunakan adalah deskripsi kuntitatif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw berbantu Media Kartu dapat meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Akuntansi siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Koperasi Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014.Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Akuntansi setelah dilakukan tindakan. Aktivitas Belajar siswa secara keseluruhan meningkat dari siklus I yang semula 53,89% meningkat menjadi 77,27% pada siklus II. Siswa yang mengalami peningkatan skor aktivitas sebesar 90,91%. Hasil Belajar Akuntansi juga mengalami peningkatan. Siswa yang mencapai nilai KKM pada siklus I sebesar 23,81% meningkat menjadi 80,00% pada siklus II.
Kata kunci: Jigsaw, Media Kartu, Aktivitas, Hasil Belajar AkuntansiDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.