IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION GUNA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI

Gandes Aknissholikah, Mahasiswa Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Sukanti Sukanti, Starf Pengajar Jurusan P. Akuntansi UNY

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi pada Kompentensi Dasar Dana Kas Kecil Siswa Kelas X Akuntansi 3 SMK Negeri 1 Godean Tahun Ajaran 2013/2014 dengan Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (TAI) dan mengetahui Respon Siswa terhadap Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (TAI). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas X Akuntansi 3 SMK Negeri 1 Godean Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk kolaboratif dan partisipatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan observasi dan angket. Analisis data yang dilakukan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase yang dilakukan dengan menghitung skor Motivasi Belajar Akuntansi, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (TAI) dapat meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi siswa kelas X Akuntansi 3 SMK Negeri 1 Godean Tahun Ajaran 2013/2014 yang dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase skor Motivasi Belajar Akuntansi dari sebelum Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (TAI) sebesar 69,38% meningkat sebesar 8,02% atau diperoleh skor sebesar 77,40% di siklus I. Selanjutnya dari siklus I ke siklus II juga meningkat sebesar 7,78% atau diperoleh skor sebesar 85,18% di siklus II. Selain itu berdasarkan angket yang didistribusikan kepada siswa dapat disimpulkan pula bahwa terjadi peningkatan skor Motivasi Belajar Akuntansi siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 6,99% dimana skor pada siklus I sebesar 76,14% meningkat menjadi 83,13% pada siklus II. Di samping itu, hasil angket respon siswa menunjukkan bahwa siswa kelas X Akuntansi 3 memberikan respon yang sangat positif terhadap Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (TAI) pada pembelajaran Akuntansi.

 

Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif, TAI, Motivasi Belajar Akuntansi.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v12i2.2704

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Index sitasi:

                         


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.