IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION GUNA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v12i2.2704Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi pada Kompentensi Dasar Dana Kas Kecil Siswa Kelas X Akuntansi 3 SMK Negeri 1 Godean Tahun Ajaran 2013/2014 dengan Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (TAI) dan mengetahui Respon Siswa terhadap Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (TAI). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas X Akuntansi 3 SMK Negeri 1 Godean Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk kolaboratif dan partisipatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan observasi dan angket. Analisis data yang dilakukan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase yang dilakukan dengan menghitung skor Motivasi Belajar Akuntansi, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (TAI) dapat meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi siswa kelas X Akuntansi 3 SMK Negeri 1 Godean Tahun Ajaran 2013/2014 yang dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase skor Motivasi Belajar Akuntansi dari sebelum Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (TAI) sebesar 69,38% meningkat sebesar 8,02% atau diperoleh skor sebesar 77,40% di siklus I. Selanjutnya dari siklus I ke siklus II juga meningkat sebesar 7,78% atau diperoleh skor sebesar 85,18% di siklus II. Selain itu berdasarkan angket yang didistribusikan kepada siswa dapat disimpulkan pula bahwa terjadi peningkatan skor Motivasi Belajar Akuntansi siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 6,99% dimana skor pada siklus I sebesar 76,14% meningkat menjadi 83,13% pada siklus II. Di samping itu, hasil angket respon siswa menunjukkan bahwa siswa kelas X Akuntansi 3 memberikan respon yang sangat positif terhadap Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (TAI) pada pembelajaran Akuntansi.
Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif, TAI, Motivasi Belajar Akuntansi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.