PENGARUH LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 SEWON TAHUN AJARAN 2018/2019

Fitri Asoka Wati, Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Isroah Isroah, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IPS SMA N 1 Sewon Tahun Ajaran 2018/2019. 2) Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IPS SMA N 1 Sewon Tahun Ajaran 2018/2019. 3) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IPS SMA N 1 Sewon Tahun Ajaran 2018/2019, dan 4) Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya, Lingkungan Keluarga, dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IPS SMA N 1 Sewon Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Sewon Tahun Ajaran 2018/2019, yaitu 107 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Proportionate Stratified Random Sampling, yaitu sejumlah 83 siswa. Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini adalah: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IPS SMA N 1 Sewon Tahun Ajaran 2018/2019 dengan nilai rx1y 0,423; r2x1y 0,179; thitung 4,200 > ttabel 1,664. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IPS SMA N 1 Sewon Tahun Ajaran 2018/2019 dengan nilai rx2y 0,354; r2x2y 0,125; thitung 3,406 > ttabel 1,664. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IPS SMA N 1 Sewon Tahun Ajaran 2018/2019 dengan nilai rx3y 0,396; r2x3y 0,157; thitung 3,884 > ttabel 1,664. 4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Teman Sebaya, Lingkungan Keluarga, dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IPS SMA N 1 Sewon Tahun Ajaran 2018/2019 dengan nilai Ry(1,2,3) 0,443; R2y(1,2,3) 0,196; Fhitung 6,432 > Ftabel 2,72.
Kata kunci: Lingkungan Teman Sebaya, Lingkungan Keluarga, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Akuntansi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v17i1.26516

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia



Index sitasi:

                         


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.