16 MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOX SIMULASI MYOB ACCOUNTING PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER AKUNTANSI
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v17i1.26334Abstract
Media dalam pembelajaran dinilai penting untuk menarik perhatian siswa dalam memahami isi pelajaran yang berkaitan dengan makna visual. Penelitian pengembangan media pembelajaran ini bertujuan untuk mengembangan media pembelajaran Pop-up Box Simulasi MYOB Accounting pada mata pelajaran komputer akuntansi untuk siswa kelas XII Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Bawang Banjarnegara, menghasilkan media pembelajaran Pop-up Box Simulasi MYOB Accounting pada mata pelajaran komputer akuntansi yang layak berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan praktisi pembelajaran akuntansi, serta mengetahui penilaian siswa terhadap media pembelajaran Pop-up Box Simulasi MYOB Accounting. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Pop-up Box Simulasi MYOB Accounting dikembangkan melalui 5 tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Media Pop-up Box Simulasi MYOB Accounting layak digunakan sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian dari ahli materi diperoleh persentase kualitas kelayakan media sebesar 90,53% yang termasuk dalam kategori sangat layak, ahli media diperoleh persentase kualitas kelayakan media sebesar 91,25% yang termasuk dalam kategori sangat layak, dan praktisi pembelajaran akuntansi diperoleh persentase kualitas kelayakan media sebesar 83,81% yang termasuk dalam kategori sangat layak. Selanjutnya untuk penilaian siswa kelas XII Akuntansi 1 diperoleh persentase kualitas kelayakan media sebesar 94,67% yang termasuk dalam kategori sangat layak.Kata Kunci: Media Pembelajaran, Komputer Akuntansi, ADDIE, Pop-up Box, MYOB Accounting.
Downloads
Published
07/25/2019
How to Cite
Anggraeni, D. N., & Sukirno, S. (2019). 16 MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOX SIMULASI MYOB ACCOUNTING PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER AKUNTANSI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 17(1), 16–30. https://doi.org/10.21831/jpai.v17i1.26334
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.