PENERAPAN TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG

Harly Sintya Desy, Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Isroah Isroah, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian dilakukan untuk mengetahui: Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa kelas XI AK 3 SMK N 1 Depok tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data yaitu dengan Observasi Partisipatif, Angket dan Tes. Teknis analasis data adalah analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan peningkatan Motivasi Belajar Siswa dengan observasi dari Prasiklus – Siklus I sebesar 6,75% dan dari Siklus I ke Siklus II sebesar 9,68%. Peningkatan Motivasi Belajar Siswa dari Siklus I ke Siklus II berdasarkan angket adalah sebesar 4,85%. Pada Siklus I Hasil Belajar Siswa belum mencapai kriteria minimal ketuntasan sebesar 75% yaitu sebesar 16,67%. Pada Siklus II Hasil Belajar Siswa sudah mencapai kriteria minimal ketuntasan 75% yaitu sebesar 93,33%.

 

Kata Kunci:   Motivasi Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20170

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia



Index sitasi:

                         


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.