PENERAPAN TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG
Isroah Isroah, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian dilakukan untuk mengetahui: Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa kelas XI AK 3 SMK N 1 Depok tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data yaitu dengan Observasi Partisipatif, Angket dan Tes. Teknis analasis data adalah analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan peningkatan Motivasi Belajar Siswa dengan observasi dari Prasiklus – Siklus I sebesar 6,75% dan dari Siklus I ke Siklus II sebesar 9,68%. Peningkatan Motivasi Belajar Siswa dari Siklus I ke Siklus II berdasarkan angket adalah sebesar 4,85%. Pada Siklus I Hasil Belajar Siswa belum mencapai kriteria minimal ketuntasan sebesar 75% yaitu sebesar 16,67%. Pada Siklus II Hasil Belajar Siswa sudah mencapai kriteria minimal ketuntasan 75% yaitu sebesar 93,33%.
Kata Kunci: Motivasi Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20170
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Index sitasi:
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.