PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEKNIK MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA
sukirno Sukirno, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan Motivasi dan Aktivitas Belajar Akuntansi melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Make a Match Berbantuan Media Kartu Soal dan Jawaban Siswa kelas XII SMA Negeri 1 Depok Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti dan guru mata pelajaran akuntansi kelas XII IPS SMA Negeri 1 Depok. Penelitian ini dilakukan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket untuk menilai Motivasi Belajar dan lembar observasi untuk menilai Aktivitas Belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan terjadi peningkatan Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa. Secara klasikal, Motivasi Belajar siswa dari siklus I yaitu 69,01% meningkat sebesar 6,55% pada siklus II menjadi 75,56%. Peningkatan Aktivitas Belajar Akuntansi secara klasikal, dapat dilihat dari hasil siklus I yaitu 66,88% meningkat sebesar 10,55% pada siklus II menjadi 77.44%.
Kata kunci: Make a Match, Motivasi Belajar Akuntansi, dan Aktivitas Belajar Akuntansi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20169
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Index sitasi:
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.