VALIDITAS SEBAGAI ALAT PENENTUAN KEHANDALAN TES HASIL BELAJAR
Abstract
Penentuan keberhasilan pembelajaran sangat penting untuk dapat mengetahui tingkat ketercapaian tujuan pembelajaran. Untuk mengetahui tingkat ketercapaian dari tujuan pembelajaran sangat diperlukan alat yang dapat memberikan gambaran ketercapaian pembelajaran serta keterserapam materi yang diberikan. Untuk itu ulah diperlukan alat tes untuk mengetahui hal tersebut, dengan adanya alat tes belum dapat menjamin kita akan mendapatkan gambaran ketercapaian pembelajaran apabila alat yang kita gunakan tidak dapat dihandalkan. Oleh sebabitulah reliabilita menjadi hal yang penting untuk disyaratkan bagi pembuat alat tes.
Beberapa alternatif validitas yang dibahas dalam tulisan ini adalah validitas isi, validitas kriteria, validitas konstruk. Dalam validitas isi diuraikan alasan serta berbagai kriteria yang harus dipenuhi dalam validitas isi dan pemaparan yang teakhir adalah validitas tampak akan dikupas sedikit terkait dengan kemungkinan penggunaan jenis validitas ini. Validitas kriteria membahas bagian dari validitas kriteria yaitu validitas prediktif dan validitas konkruen serta berbagai faktor yang mempengaruhinya. Dalam validitas kontruks dipaparkan tujuan dan alasan penggunaan validitas konstruk serta langkah –langkah penentuan validitas konstruks.
Dari beberapa jenis validitas tersebut dapat dijadikan alternatif bagi pembuat alat tes untuk menentukan kehandalan alat yang digunakan, sehingga hasil dari alat tes tersebut benar-benar memberikan gambaran yang terkait dengan ketercapaian keberhasilan pembelajaran.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v6i1.1795
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Index sitasi:
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.