BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT EVALUASI KINERJA KOPERASI MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Isroah Isroah, Dosen Pendidikan Akuntansi, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kinerja KOPMA Universitas Negeri Yogyakarta jika dievaluasi dengan Balanced Scorecard yang terdiri dari empat perspektif yaitu (1) perspektif finansial (2) perspektif pelanggan (3) perspektif proses bisnis internal (4) perspektif pertumbuhan dan pembelajaran.

Penelitian ini menggunakan pendekatan  penelitian kasus yang dilakukan secara intensif dan mendalam terhadap suatu organisasi dengan teknik pengumpulan data yang digunakan (1) dokumentasi yaitu data penelitian diperoleh dari dokumen-dokumen KOPMA berupa laporan keuangan tahun 2004, 2005 dan 2006 untuk mengetahui tentang kondisi finansial (2) angket digunakan untuk mengetahui data tentang pelanggan, proses bisnis internal serta pertumbuhan dan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan dengan analisis deskriptif.

Hasil penelitian adalah (1) perspektif finansial menunjukkan kinerja sangat baik yaitu tiap-tiap rasio keuangan berada pada kriteria yang paling tinggi nilainya (berdasarkan kriteria Kepmen Usaha Kecil Mengengah tahun 2002) (2) perspektif pelanggan menunjukkan kinerja yang sangat baik yaitu rata-rata persentase atas kepuasan pelanggan sebesar 80.18% berarti pelanggan diberikan  pelayanan dengan sangat memuaskan. (3) Perspektif proses bisnis internal menunjukkan kinerja yang sangat baik yaitu jika dilihat dari rata-rata persentase dari proses inovasi sebesar 62,46% berarti dapat dikategorikan cukup baik, rata-rata persentase dari proses opersional sebesar 83,53% berarti dapat dikategorikan sangat baik, rata-rata proses pelayanan sebesar 80,85% berarti dapat dikategorikan sangat baik. (4) Perspektif pertumbuhan dan pembelajaran berkaitan dengan kemampuan karayawan terdiri dari komponen (a).Employee Satisfction rata-rata persentase sebesar 84,12% berarti dapat dikategorikan sangat baik (b) Employee retention dengan rata-rata persentase 76,32% berarti dapat dikategorikan baik.(c). Employee productivity dengan rata-rata persentase 43.17% berrti dapat dikategorikan cukup baik. Berkaitan dengan kemampun sistem informasi rata-rata persentase sebear 81,68% berarti dapat dikategorikan sangat baik. Selanjutnya jika dikatkan dengan morivasi, rata-rata persentae sebesar 82,95% berari motvasi dapat dikategorikan sangat baik.

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v6i1.1787

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Index sitasi:

                         


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.