SISTEM PENILAIAN PORTOFOLIO PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN

Ani Widayati, Dosen Pendidikan Akuntansi FE UNY, Indonesia
Moh Djazari, Dosen Pendidikan Akuntansi FE UNY, Indonesia
Sukanti Sukanti, Dosen Pendidikan Akuntansi FE UNY, Indonesia

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk memberikan gambaran dan pemahaman mengenai sistem penilaian pada pembelajaran Akuntansi dalam implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.

Pembelajaran Akuntansi dalam implementasi KTSP dilakukan dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses dengan konsep mastery learning. Pembelajaran Akuntansi mengutamakan target pencapaian yang dialami langsung oleh siswa. Sesuai konsep KTSP, pembelajaran Akuntansi memberi keleluasaan guru untuk mengelola pembelajaran sesuai dengan potensi darah dan kondisi sekolah serta mendorong siswa untuk lebih memanfaatkan sumber belajar yang ada di sekolah dan lingkungannya. Penilaian Sistem penilaian pada pembelajaran Akuntansi menggunakan acuan kriteria. Penilaian yang dilakukan harus merupakan penilaian otentik agar penilaian yang dilakukan menggambarkan pencapaian kompetensi yang sebenarnya.. Penilaian otentik dilakukan dengan pendekatan penilaian berbasis kelas. Jenis penilaian yang dilakukan adalah penilaian tertulis, penilaian kinerja, serta penilaian portofolio.

Penilaian  portofolio merupakan penilaian terhadap sekumpulan hasil karya siswa yang tersusun secara sistematis dan terorganisasi dengan baik yang merupakan karya favorit siswa. Portofolio disusun untuk satu satuan waktu pendidikan untuk mata pelajaran tertentu. Dalam penerapannya, guru harus bersikap hati-hati mengingat konsistensi antara dasar pemikiran pengembangan kurikulum dengan pelaksanaan pembelajaran di kelas belum dapat dicapai. Hal ini disebabkan karena secara esensial tujuan yang akan dicapai dan sistem yang digunakan  tidak sama.


Full Text:

Untitled


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v5i2.1780

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Index sitasi:

                         


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.