PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI PETA AKUNTANSI (TAKSI) BERBASIS ANDROID PADA MATERI SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA
Sumarsih Sumarsih, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan Media Pembelajaran Aplikasi Peta Akuntansi (TAKSI) Berbasis Android pada materi Siklus Akuntansi perusahaan jasa untuk siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Slawi; (2) mengetahui kelayakan aplikasi Peta Akuntansi (TAKSI) berbasis Android; (3) mengetahui penilaian siswa terhadap aplikasi Peta Akuntansi (TAKSI) berbasis Android; (4) mengetahui efetivitas penggunaan aplikasi Peta Akuntansi (TAKSI) berbasis Android. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengikuti model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian menunjukan: (1) media pembelajaran aplikasi Peta Akuntansi (TAKSI) dikembangkan melalui 5 tahapan yaitu: a) Analysis; b) Design; c) Development; d) Implementation; dan e) Evaluation. (2) media pembelajaran aplikasi Peta Akuntansi (TAKSI) ini layak digunakan berdasarkan penilaian: a) Ahli materi diperoleh persentase 96,25% (Sangat Layak), b) Ahli media diperoleh persentase 82,30% (Sangat Layak), dan c) Praktisi Pembelajaran Akuntansi diperoleh persentase 89,42% (Sangat Layak). (3) penilaian siswa terhadap media pada ujicoba perorangan diperoleh persentase 99,58% (Sangat Layak), ujicoba kelompok kecil diperoleh persentase 91,67% (Sangat Layak), dan penelitian lapangan diperoleh persentase 91,80% (Sangat Layak). (4) Berdasarkan analisis peningkatan hasil pretest dan posttest dengan gain skor, Media Pembelajaran Apliaksi Peta Akuntansi (TAKSI) Berbasis Andoid efektif digunakan.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Peta Akuntansi (TAKSI), Android, ADDIE.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v15i2.17217
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Index sitasi:
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.