PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN BANTUAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v11i2.1693Abstract
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan Motivasi Belajar pada Kompetensi Dasar Membuat Jurnal Penyesuaian Siswa Kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014 dengan menerapkan Metode Pembelajaran Kooperatif dengan Bantuan Tutor Sebaya. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaboratif selama dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi dan angket. Analisis data yang digunakan untuk mengetahui peningkatan Motivasi Belajar Akuntansi siswa adalah secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif dengan Bantuan Tutor Sebaya dapat meningkatkan Motivasi Belajar pada Kompetensi Dasar Membuat Jurnal Penyesuaian Siswa Kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014 yang dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase skor Motivasi Belajar Akuntansi sebesar 11,28% atau diperoleh skor sebesar 74,03% pada siklus I dan meningkat menjadi 85,31% pada siklus II. Selain itu berdasarkan angket yang didistibusikan kepada siswa dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan skor Motivasi Belajar Akuntansi siswa sebesar 4,09% dari skor siklus I 71,51% ke siklus II sebesar 75,60%.
Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif, Tutor Sebaya, Motivasi Belajar Akuntansi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.