PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN BANTUAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI
Sukanti Sukanti,
Abstract
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan Motivasi Belajar pada Kompetensi Dasar Membuat Jurnal Penyesuaian Siswa Kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014 dengan menerapkan Metode Pembelajaran Kooperatif dengan Bantuan Tutor Sebaya. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaboratif selama dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi dan angket. Analisis data yang digunakan untuk mengetahui peningkatan Motivasi Belajar Akuntansi siswa adalah secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif dengan Bantuan Tutor Sebaya dapat meningkatkan Motivasi Belajar pada Kompetensi Dasar Membuat Jurnal Penyesuaian Siswa Kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014 yang dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase skor Motivasi Belajar Akuntansi sebesar 11,28% atau diperoleh skor sebesar 74,03% pada siklus I dan meningkat menjadi 85,31% pada siklus II. Selain itu berdasarkan angket yang didistibusikan kepada siswa dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan skor Motivasi Belajar Akuntansi siswa sebesar 4,09% dari skor siklus I 71,51% ke siklus II sebesar 75,60%.
Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif, Tutor Sebaya, Motivasi Belajar Akuntansi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v11i2.1693
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Index sitasi:
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.