POCKETBOOK AS MEDIA OF LEARNING TO IMPROVE STUDENTS' LEARNING MOTIVATION
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v11i2.1692Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mempunyai dua tujuan utama. Pertama, untuk menghasilkan buku saku akuntansi yang layak digunakan sebagai salah satu media pembelajaran bagi siswa kelas XI SMA Negeri 5 Yogyakarta. Kedua, untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa yang menggunakan buku saku akuntansi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Metodean alisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Metode deskriptif kualitatif dilakukan dengan mendeskripsikan penilaian kelayakan media yang dikembangkan dengan komponen kelayakan isi, kebahasaan dan gambar, penyajian, dan ke grafikaan dan mendeskripsikan hasil motivasi belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media yang dikembangkan berada pada kualifikasi baik dan terdapat kenaikan skor rata-rata motivasi belajar siswa secara keseluruhan sebesar 5,64%.
Kata Kunci: Buku Saku Akuntansi, Media Pembelajaran, Motivasi Belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.