IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PEMETAAN PIKIRANUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA SMK MUHAMMADIYAH KRETEK

Authors

  • Isti Nurhidayati
  • Ani Widayati

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpai.v11i2.1690

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi, Siswa Kelas XI Akuntansi 3 SMK Muhammadiyah Kretek Tahun Ajaran 2012/2013.Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan partisipatif dan tes. Instrumen yang digunakan meliputi lembar pengamatan, catatan lapangan, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik pembelajaran Pemetaan Pikiran dapat meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi siswa pada setiap siklusnya. Hasil belajar kognitif meningkat sebanyak 0,55 poin dari hasil belajar siklus I sebesar 17,83 menjadi 18,38 di siklus II. Presentase hasil belajar afektif mengalami peningkatan sebesar 10,69% dari hasil belajar siklus I sebesar 64,83% menjadi 75,52% di siklus II. Nilai afektif setiap individu juga mengalami peningkatan, hasil penelitian menunjukkan ketercapaian Hasil belajar fektif siswa dengan kategori Sangat Tinggi dan Tinggi pada siklus I sebesar 48,27%atau sebanyak 14 siswa  mengalami peningkatan sebesar 37,94% menjadi 86,21% atau sebanyak 25 siswa pada siklus II.

 

Kata kunci : Pemetaan Pikiran, Hasil Belajar Akuntansi Aspek Kognitif dan Afektif

Downloads

Published

12/01/2013

How to Cite

Nurhidayati, I., & Widayati, A. (2013). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PEMETAAN PIKIRANUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA SMK MUHAMMADIYAH KRETEK. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 11(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v11i2.1690