PENERAPAN PEMBELAJARAN TGT DENGAN AKUNTAPOLI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR AKUNTANSI SISWA MAN YOGYAKARTA III

Authors

  • Irfan Dwi Jayanto
  • Sukirno Sukirno

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpai.v11i2.1686

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan Keaktifan Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 3 MAN Yogyakarta III Tahun Ajaran 2012/2013 melalui Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik TGT dengan Bantuan Media AkuntaPoli. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 3 MAN Yogyakarta III sejumlah 27 siswa. Instrumen penelitian  meliputi lembar observasi Keaktifan Belajar Akuntansi, serta catatan lapangan. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskripstif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik TGT dengan bantuan Media AkuntaPoli dapat Meningkatkan Keaktifan Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 3 MAN Yogyakarta III Tahun Ajaran 2012/2013. Dibuktikan dengan adanya peningkatan disetiap indikator Keaktifan Belajar Akuntansi dari siklus I ke siklus II. Peningkatan skor rata-rata Keaktifan Belajar Akuntansi sebesar 14,08% (relatif) dan 11,109% (absolut), berasal dari skor rata-rata Keaktifan Belajar Akuntansi siklus I 78,891% menjadi 90% (siklus II).

Kata Kunci : Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik TGT , Media Akunta Poli, Keaktifan Belajar Akuntansi

 

Downloads

Published

2013-12-01