PENERAPAN PEMBELAJARAN TGT DENGAN AKUNTAPOLI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR AKUNTANSI SISWA MAN YOGYAKARTA III
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v11i2.1686Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan Keaktifan Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 3 MAN Yogyakarta III Tahun Ajaran 2012/2013 melalui Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik TGT dengan Bantuan Media AkuntaPoli. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 3 MAN Yogyakarta III sejumlah 27 siswa. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi Keaktifan Belajar Akuntansi, serta catatan lapangan. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskripstif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik TGT dengan bantuan Media AkuntaPoli dapat Meningkatkan Keaktifan Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 3 MAN Yogyakarta III Tahun Ajaran 2012/2013. Dibuktikan dengan adanya peningkatan disetiap indikator Keaktifan Belajar Akuntansi dari siklus I ke siklus II. Peningkatan skor rata-rata Keaktifan Belajar Akuntansi sebesar 14,08% (relatif) dan 11,109% (absolut), berasal dari skor rata-rata Keaktifan Belajar Akuntansi siklus I 78,891% menjadi 90% (siklus II).
Kata Kunci : Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik TGT , Media Akunta Poli, Keaktifan Belajar Akuntansi
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.