IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERKULIAHAN PERPAJAKAN PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN AKUNTANSI FISE UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Isroah Isroah, Staf Pengajar Jurusan P. Akuntansi Fakultas Ekononi Universitas Negeri Yogyakarta
Sukanti Sukanti, Staf Pengajar Jurusan P. Akuntansi Fakultas Ekononi Universitas Negeri Yogyakarta
Ani Widayati, Staf Pengajar Jurusan P. Akuntansi Fakultas Ekononi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1). Model pemberian tugas mandiri dalam perkuliahan Perpajakan Mampu Mendorong Sikap dan Perilaku Jujur pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Akuntansi  FISE UNY (2) Model kerja praktik (simulasi) berkelompok dalam Perkuliahan Perpajakan Mampu  Mendorong Sikap/Perilaku Tanggung Jawab pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Akuntansi  FISE UNY.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan klas ( class room action research) yang dirancang dalam dua putaran/siklus meliputi kegiatan (a). Perencanaan tindakan (b). Pelaksanaan tindakan (c). Observasi (d). Refleksi. Teknik pengumpulan data dengan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan ahwa (1) Metode pemberikan tugas mandiri dalam perkuliahan perpajakan belum mampu mendorong sikap dan perilaku jujur pada mahasiswa Jurusan pendiidkan Akuntansi FISE UNY. Hal ini terbukti pada siklus pertama bahwa mahasiswa mengerjakan dan mengumpulkan tugas mandiri dengan menyalin pekerjaan teman, mahasiswa tidak mengerjakan tugasnya sendiri artinya tidak bertanggung jawab pada tugas yang dibebankannya. (2). Metode kerja praktik (simulasi) berkelompok dalam perkuliahan perpajakan mampu mendorong sikap/perilaku jujur dan  tanggung jawab padai mahasiswa Jurusan pendiidkan Akuntansi FISE UNY. Berdasarkan angket tertutup yang diberikan diketahui bahwa sebagian besar mahasiswa (100%) memiliki nilai kejujuran akademik dan non akademik yang bagus (rata-rata  nilai 90) dan memilki tanggung jawab akademik dan non akademik yang tinggi (rata-rata  nilai 85).


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v11i1.1682

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Index sitasi:

                         


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.